Puncak HPN 2017 di Maluku, Kementrian ESDM Bagikan "Home Solar System" Kepada Masyarakat


JAKARTA, FAKTABANDUNGRAYA.COM - Peringatan Hari Pers Nasional 2017, yang akan digelar di Ambon- Maluku, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menyerahkan bantuan "Lampu Matahari" atau Home Solar System bagi warga yang belum mendapatkan pasokan aliran listrik. Menurut, Menteri ESDM Ignatius Jonan, sampai saat ini ada sekitar 2.500 desa se Indonesia belum terdapat penerangan alias belum mendapat aliran listrik dari PLN.

Untuk itu, Kementrian ESDM berkomitmen memberikan aliran listrik kepada seluruh warga yang belum mendapatkan aliran listrik. Hal ini dikatakan Mentri ESDM kepada Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang berkunjung ke kantornya di Kementerian ESDM, Rabu, (25/01).

Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sampai ke pelosok desa, terutama masyarakat di Timur Indonesia, solusinya dengan yakni "Lampu Matahari" atau Home Solar System,

Jonan mengatakan, nanti Satu rumah warga akan mendapatkan satu set Solar Home System yang terdiri dari 4 lampu."Satu rumah 4 lampu. Cukuplah untuk menerangi satu rumah, ujarnya.

Adapun, spesifikasi Home Solar System atau Lampu Matahari ini meliputi 4 lampu besar setara dengan 70 watt/lampu, kabel sepanjang 10 meter serta colokan yang bisa juga dipergunakan untuk men-charge handphone, jelas Jonan sembari mendemonstrasikan cara kerja Home Solar System. "Lampunya bisa dibikin terang dan redup. Tinggal di tempel di dinding, dan ada kabel untuk," papar Jonan

Lampu Matahari ini juga sangat fleksibel, dapat digunakan oleh masyarakat diberbagai tempat tergantung kebutuhan. Bisa dipergunakan untuk rumah, untuk perahu bagi nelayan, atau juga bisa beralih fungsi menjadi senter.

Inovasi ini ditargetkan selama dua tahun kedepan dapat menerangi 450.000 lebih rumah di seluruh pelosok tanah air. Untuk daya tahan, lampu Home Solar System setelah terisi penuh dapat bertahan hingga 72 jam.

Jonan membeberkan, program ini sudah diterima baik di banyak provinsi. Ia sudah memamerkan Home Solar System kepada Kepala Daerah yang daerahnya masih banyak belum dialiri listrik. Para kepala daerah itu disebut Jonan sangat terpukau dan senang dengan teknologi ini, karena akan sangat membantu para kepala daerah menerangi rumah-rumah warga.

Rencananya, nanti di acara puncak HPN 2017, Presiden Jokowi akan menyerahkan secara simbolik bantuan Home Solar System kepada beberapa perwakilan warga dari Provinsi Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017.
 

Jonan kemudian menyerahkan dua Home Solar System kepada Panitia HPN 2017 untuk dipamerkan di panggung acara puncak HPN 2017 di Ambon, 9 Februari mendatang. Ia pun sekaligus memastikan diri untuk hadir di acara puncak perhelatan akbar insan pers se tanah air tersebut.

"Kalau saya pasti hadir di HPN. Nanti Presiden yang menyerahkan secara simbolis ke rakyat Maluku," kata Jonan.

Panitia HPN 2017 yang hadir di dalam pertemuan dengan Menteri ESDM Ignatius Jonan antara lain Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono, Ketua Panitia HPN 2017 M Ihsan, Bendahara Panitia Kiki Iswara, dan Wakil Ketua Bidang Dana Agus Yuli. (narko/hms)

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar