Tingkatkan SDM Indonesia, British Council Gelar Pendidikan Global

FAKTABANDUNGRAYA.COM - British Council Indonesia Foundation bersama HSBC Indonesia  meluncurkan program pengembangan kapasitas kepala sekolah, guru dan siswa yang bertujuan untuk menyiapkan generasi muda Indonesia agar mampu bersaing di pasar tenaga kerja global.
Melalui Program “ Pendidikan Global”,  untuk membangun Generasi Muda Cerdas dan Berkarakter  yang digelar pada Januari – November 2017 tersebut melibatkan melibatkan 12 sekolah mitra setingkat SMA/SMK di wilayah DKI Jakarta dan Kota Bandung.
Program ini untuk menyiapkan generasi muda Indonesia menjadi SDM yang lebih kompeten dan berdaya saing di Masayrakat Ekonomi Asean (MEA) dan bahkan ditingkat global, kata Direktur British Council Indonesia  Paul Smith di SMKN 10 Bandung, Sabtu (21/01).
Disampaikan bahwa, Laporan Global Competitiveness Report 2016-2017 terbaru dari World Economic Forum menunjukkan bahwa peringkat daya saing Indonesia menurun dari peringkat 37 (2015-2016) menjadi peringkat 41 dari 138 negara pada tahun 2016-2017. Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan ke 4 setelah SIngapura (Peringkat ke 2), Malaysia (Peringkat ke 25), dan Thailand (Peringkat ke 34).
SVP and Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia Nuni Sutyoko mengatakan, keberlanjutan merupakan upaya membangun bisnis jangka panjang dengan senantiasa memperhatikan pertimbangan sosial, lingkungan dan ekonomi. Dengan meningkatnya SDM Indonesia tentunya diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan social masyarakat.
Dalam proses perancangan program ini British Council juga mendapatkan masukan dan rekomendasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan harapan agar program ini sejalan dengan arah kebijakan Kemendikbud RI khususnya dalam meningkatkan keahlian abad ke-21 para siswa.
Program pelatihan kemampuan abad ke-21 ini akan memfokuskan pada peningkatan delapan keahlian yang meliputi kreativitas, berpikir kritis, keahlian berkomunikasi, pengetahuan penggunaan media digitak, keahlian memecahkan masalah, kewarganegaraan, kepemimpinan dan keahlian berkolaborasi.
Untuk mensukseskan program pelatihan kemampuan abad 21  ini,  British Council bekerjsama dengan dengan Disdik DKI Jakarta dan Disdik Kota Bandung dengan target mampu menjangkau sedikitnya 160 kepala sekolah, 1.800 guru dan 800 siswa di wilyah DKI Jakarta dan Kota Bandung.
Adapun sekolah yang menjadi mitra di kota Bandung terdiri dari SMAN 18, SMAN 2, SMAN 19, SMKN 10, SMKN 4 dan SMKN 7.  (cuya).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment