Aher: Pilkada Serentak di Jabar Berjalan Lancar dan Kondusif

Gubernur JAbar Ahmad Heryawan Tinjau Pilkada Kota Cimahi
CIMAHI, FAKTABANDUNGRAYA.COM - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar meninjau secara langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Cimahi Tahun 2017. Disela-sela tinjauannya ke empat TPS berbeda di Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Selatan, Aher mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada di tiga daerah di Jawa Barat berjalan lancar dan aman.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang tengah melaksanakan Pilkada. KPU, Bawaslu, dan semua pihak sebagai penyelenggara. Termasuk masyarakat sebagai yang punya hak suara, juga para paslon (pasangan calon) sebagai kontestan," ungkap Aher saat meninjau pelaksanaan Pilkada Kota Cimahi di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (15/02).

“Alhamdulillah secara umum bisa menjaga keamanan, kedamaian, ketertiban, keharmonisan, sehingga kita bisa mengatakan bahwa Pilkada di tiga tempat (Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bekasi) berjalan sangat lancar,” tambahnya.

Aher bersama rombongan mengawali tinjauannya ke TPS 01, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah tersebut. Di TPS 01 ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada 318 orang (pemilih laki-laki 155 orang dan perempuan 163 orang).

Usai dari TPS 01, Aher dan rombongan melanjutkan tinjauannya ke TPS 36 di Stasiun Kereta Api Cimahi, Jl. Stasiun RW 20, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah. Jumlah DPT di TPS ini ada 584 orang (laki-laki 294 orang dan perempuan 290 orang).

Aher pun memberikan apresiasi kepada warga di TPS yang dia datangi, terutama TPS 36 tersebut. Hingga Pukul 09.00 WIB tingkat partisipasi warga untuk memberikan hak suaranya sudah hampir 50% dari total 584 orang pemilih.

"Saya lihat tadi disini (TPS 36) kan ada 500-an. Jam 9 pagi sudah 220. Kalau angka partisipasi 90 persen kan sudah 50 persen. Sudah bagus berarti, ya, kalau 250 itu sudah separuhnya dari 90 persen partisipasi kalau diambil angka partisipasi 90 persen. Partisipasi itu kan kalau 75 persen sudah bagus kan," kata Aher.

Mengakhiri tinjauannya, usai dari TPS 36 Aher kemudian meninjau TPS 04 dan 05 di Perumahan Pondok Mas Indah, Jl. Pondok Mas Raya RW 01, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Di TPS 04 jumlah DPT ada 290 pemilih (laki-laki 136 orang dan perempuan 154 orang). Sementara di TPS 05 jumlah DPT ada 414 orang (laki-laki 202 orang dan perempuan 212 orang).

Pada kesempatan ini, Aher menghimbau masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya dalam setiap pesta demokrasi. Hak Pilih masyarakat sangat membantu dalam kepemimpinan lima tahun ke depan, Siapapun yang menang itulah pilihan rakyat

"Mudah-mudahan kali ini kesadarannya lebih tinggi. Karena biasanya ada saja orang yang abai, 'tidak ada pengaruh langsung pada kehidupan saya kok'. Jadi ga milih sama saja. Pikiran seperti itu ga boleh. Karena bagaimanapun pilihan seseorang kepada salah satu pasangan calon menentukan masa depan," tutur Aher.

"Oleh karena itu, yang ada di pikiran 'tidak berpengaruh pada kehidupan saya', boleh jadi pengaruhnya mungkin langsung banget tidak kerasa. Tapi secara tidak langsung kan tidak ada sebuah kebijakan tanpa keputusan politik kan. Membangun jalan ada kebijalan politik, memperbaiki kualitas sekolah juga ada keputusan politik terlebih dahulu sebelum pembangunan terjadi," pungkasnya.

Pilkada Kota Cimahi 2017 diikuti tiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota. Pasangan Nomor 1. Atty Suharti - Achmad Zulkarnain. Nomor 2. Asep Hadad Didjaya - R. Adj. Irma Indriyani dan Nomor 3. Ajay Muhammad Priatna - Letkol (Purn) Ngatiyana.

Sementara itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak 2017 ini, Ketua Komisi Pemikihan Umum (KPU) Jawa Barat Yayat Hidayat mengungkapkan, bahwa pihaknya akan menginstruksikan KPU Daerah untuk membuat TPS mobile atau warga mendatangi TPS terdekat. TPS ini akan ada di fasilitas umum seperti rumah sakit.

“Saya instruksikan bahwa TPS terdekat itu untuk mobile-lah masuk ke – misalkan salah satu kotak suara dibawa oleh salah satu petugas KPPS ditemani oleh Panwas masuk ke rumah sakit,” ucap Yayat. (tris/hms).
 

Berikut : Hasil Quick Count Pilkada Serentak Kota Cimahi 2017 Sampai Pukul 20.10 WIB :

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. Bonus 10% All Games www*(.)Bolavada(.)*com
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! .
    ADU BANTENG, Sabung Ay*m, Sportbo*k, Pok*r, CEM*, CAPS*, DOMIN*, C*sin*
    BBM : D89CC515
    www.bandaragenjudi.com

    ReplyDelete