Aher Usulkan Polhut Bagian Dari Kepolisian & Dibekali Senjata

Ahmad Heryawan, Gubernur Jabar ( foto : ist)
JABAR, FAKTABANDUNGRAYA.COM – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher). mengatakan tugas dan tanggung jawab Polisi Kehutanan cukup berat dalam menjaga kelestarian dan para perambat hutan. Namun, keberadaannya kurang wibawa. Untuk itu, Aher mengusulkan agar Polisi Hutan (Polhut) dijadikan bagian dari Kepolirian dan dibekali dengan senjata.

Bila memungkinkan anggota Polhut yang merupakan warga sipil diangkat menjadi anggota Polisi atau bagian dari Kepolisian layaknya Polair. Hal ini karena saat ini Polhut kurang memiliki wibawa atau tidak ditakuti masyarakat saat bertugas menangani perambahan hutan yang kini kian massif.

"Saya usul Polhut mending bagian dari Kepolisian saja untuk menyelamatkan hutan kedepan," kata Aher usai penandatanganan kesepakatan Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam dengan KPK, di di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Jumat (10/02).

Dikatakan, dulu, para pelaku perambahan hutan lari kocar-kacir saat dihampiri oleh Polhut. Namun kini, para perambat hutan bila didatangi Polhut malah ditantang, ayo sini maju dan Polhutnya mundur," ujarnya.

Tidak adanya penyelesaian dari berbagai lini termasuk dari sisi keamanan menjadi salah satu faktor penyebab tidak selesainya masalah kerusakan hutan.

Polhut yang berasal dari warga sipil dulu sempat dibekali senjata dalam bertugas. Namun diprotes olah dunia internasional yang melarang warga sipil memegang senjata.

"Inimah usul ya, paling tidak dengan cara didampingi oleh TNI atau Polri. Intinya kurang berwibawa saja, usulan yang lebih bagusnya adalah dia diangkat menjadi anggota Polri," pungkas Aher. (sein/hms).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment