Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pertengahan April, Perbaikan Jalan Amblas Kuningan – Majalengka Selesai

Kamis, 23 Februari 2017 | 20:47 WIB Last Updated 2017-02-26T13:48:54Z
Gubernur Jabar Aher, tinjau perbaikan jalan
amblas Kuningan-Majalengka(foto: ist)
 KUNINGAN, FAKTABANDUNGRAYA.COM – Jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Kuningan dan Majalengka tepatnya Desa Cikupa Kecamatan Darma yang amblas beberapa waktu lalu, diperkirakan memakan waktu satu setengah bulan atau sekitar pertengahan April, mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, saat ini jalan amblas tersebut sedang dalam pekerjaan pihak Kemen PU-PR. Tadi menurut keterangan Gagu (petugas dari Kemen PU Pera) bahwa untuk bisa dilalui lagi seperti jalan normal dibutuhkan waktu satu setengah bulan, kata Aher.

Saat ini proses pengerjaan perbaikan tengah memasuki tahap pemasangan gorong-gorong sebesar 4 x 2 meter. Ini lebih besar bila dibandingkan dengan gorong-gorong sebelumnya yang hanya sebesar 1 x 1 meter sehingga tak kuat menahan beban air akibat curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan jalan sepanjang belasan meter tersebut amblas, jelas Aher usai memantau pengerjaan perbaikan jalan tersebut bersama Bupati Kuningan Acep Purnama, Kamis (23/02).

“Tadi temen-temen bisa melihat gorong-gorongnya sebesar itu, 4 meter x 2 meter sekarang dan Insya Allah kalau ada yang menghalangi seperti sampah pun tidak akan tersendat,” ujar Aher kepada wartawan.

Selain itu, di sisi kanan dan kiri jalan tersebut nantinya akan diperkokoh dengan beton penahan guncangan. Pemasangan beton tersebut juga akan rampung dalam satu setengah bulan kedepan.

“Jadi tiga bulan Insya Allah normal keseluruhannya. Satu setengah bulan untuk jalan rayanya sehingga bisa dilalui kemudian dengan pengokohan di kiri kanannya jadi tiga bulan kedepan normal keseluruhannya,” ungkapnya.

Aher memastikan, perbaikan jalan ini tidak akan sampai memasuki musim lebaran nanti, dimana ruas jalan tersebut memang merupakan salah satu penghubung antara Jabar dan Jateng. “Lebaran aman pastinya,” ucapnya.

Seperti diketahui, jalan nasional tersebut amblas sejak Jumat (17/2/17) lalu akibat curah hujan yang tinggi. Meski tidak menelan korban jiwa namun lalu lintas menuju Kuningan dan Cikijing lumpuh. (sein/hms)

×
Berita Terbaru Update