Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Selamatkan SDA, Pemprov Jabar - KPK Canangkan GNPSDA

Sabtu, 11 Februari 2017 | 13:33 WIB Last Updated 2017-02-11T06:34:42Z

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Serahn MoU GNPSDA
kepada  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (foto :ist)
JABAR, FAKTABANDUNGAYA.COM – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik pencanangan   Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam yang digagas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Gerakan Nasional Penyelamatan SDA  sangat positif dalam rangka penyelematan potensi sumber daya alam yang dimiliki Jawa Barat, kata Aher usai penanda tanganan kesepakatan antara Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Jumat (10/02).
Aher mengatakan, Jawa Barat memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, di luar pengawasan pemerintah sering terjadi pemanfaatan SDA secara ilegal dan bertentangan dengan Undang-undang yang berlaku, seperti alih fungsi lahan dan illegal minning. Akibatnya kerugian negara dari sektor SDA ini masing cukup tinggi.
"Efek lain yang timbul dari pemanfaatan SDA yang salah ini adalah bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kerusakan alam lainnya. Maka SDA harus dikelola dengan bijak, sehingga tidak muncul persoalan di kemudian hari," kata Aher.
Dalam GNPSDA ini Pemprov Jabar akan mengimplementasikannya pada rencana aksi yang akan fokus terhadap tujuh kegiatan, antara lain;
1. Penataan Izin Usaha Pertambangan; 2. Monitoring Penggunaan Air Tanah; 3. Monitoring Penggunaan Air Permukaan; 4. Koordinasi dan Supervisi pengelolaan kawasan hulu sungai (Citarum-Ciliwung-Cisadanane); 5. Monitoring pencemaran lingkungan hidup oleh Industri di Jawa Barat; 6. Penggunaan Kawasan Khusus di Jawa Barat; 7. Penggunaan kawasan pesisir pantai
Untuk itu, Aher mengajak semua pihak untuk  peduli dan berperan aktif dalam gerakan ini. Penegakan hukum juga harus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan.
Aher Dia berharap, gerakan ini dapat menggugah masyarakat untuk berperan nyata dalam mengelola dan melindungi sumber daya alam dengan baik demi keberlanjutan kehidupan manusia sekarang dan yang akan datang.
Sebagaimana diketahui, Jawa Barat memiliki potensi Sumber Daya Alam yang sangat besar. Garis pantai sepanjang 12 mil dengan  wilayah pesisir dan laut seluas 18 ribu kilo meter persegi lebih. Waduk sebanyak 663 buah, Situ 20 buah, dan Embung 23 buah dan Luas hutan yang mencapai 816 ribu hektar lebih.
DAS yang berada di wilayah Jawa Barat ada delapan buah, tiga diantaranya yaitu DAS Cisadane, DAS Ciliwung, dan DAS Citanduy merupakan DAS Provinsi, dengan potensi air permukaan seluruhnya sebanyak 44 ribu juta meter kubik lebih yang mayoritas digunakan untuk kegiatan industri, pertanian dan air baku air minum. (sein/hms).


×
Berita Terbaru Update