Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SKYWALK Cihamplas Bandung Manjakan Wisatawan

Minggu, 05 Februari 2017 | 11:38 WIB Last Updated 2017-02-07T04:39:37Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM – Kota Bandung sudah lama terkenal sebagai kota Wisata Belanja. Bahkan dimata wisatawan baik lokal maupun mancanegara kalau ke Bandung pasti ke Jalan Cihamplas yang merupakan salah satu icon Kota Bandung. Untuk itu, tidaklah salah kalau Pemerintah Kota Bandung mempercantik kawasan sepanjang jalan Cihamplas dengan membangun Skywalk.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, jalan Cihamplas merupakan salah satu icon kota Bandung, untuk itu pemerintah Kota Bandung merancang sebuah kontruksi yang inovatif sebagai sarana publik baru yang di peruntukan untuk pejalan kaki (skywalk) dan ruang komersial bagi PKL.

Menurut, Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil mengatakan, Skywalk Cihamplas ini dirancang untuk mempercantik jalan Cihampelas Kota Bandung, sehingga bagi masyarakat yang datang ke Cihamplas dapat menikmati masyarakat kenyamanan. Selain itu, bagi PKL yang dulunya berjualan di trotoar dan bahu jalan di pindahkan ke atas (skywalk).

"Saya sering traveling dulu sebelum jadi Wali Kota Bandung. Idenya pada saat menyambangi kota New York Amerika Serikat disana ada sebuah jembatan dari bekas rel kereta api. Pada saat itu saya berpikir untuk membuat suatu inovasi yang baru di Kota Bandung pada saat saya menjadi Wali Kota," ujar RK kepada wartawan disela peresmian Skywalk Cihampalas Bandung, Sabtu (04/02).

RK menjelaskan, Konstruksi sepanjang 450 meter, dengan lebar rata-rata 7,6 meter dan tinggi 4,6 meter, sebetulnya merupakan sarana untuk pejalan kaki. Hanya saja, pemerintah kota juga turut memfungsikan sarana tersebut sebagai ruang publik dan ruang komersial sehingga PKL yang awalnya berjualan di trotoar dan bahu jalan di pindahkan ke atas.

Ridwan Kamil mengatakan alasannya memilih jalan cihampelas karena cihampelas sendiri sudah menjadi salah satu icon Kota Bandung. Sehingga hanya memerlukan sedikit publikasi untuk menyebarkannya kepada para turis. Hal ini terbukti baru beberapa hari saja para pengunjung dalam dan luar kota beramai-ramai mengunjungi skywalk pada saat weekday maupun weekend, ujarnya.

Lebih lanjut RK berharap kedepannya bisa membuat kontruksi seperti ini ditempat lainnya di Kota Bandung. Pembangunnya sendiri terhitung cukup cepat kurang dari 5 bulan penyelesaian dan di bulan Desember sudah memasuki sehingga pada bulan Februari 2017 resmi dibuka untuk umum.

"Saya ingin kota ini tertata tetapi ekonomi PKL tidak terganggu. Kunci pelayanan publik adalah kepercayaan, makanya saya turun langsung untuk berkomunikasi langsung dengan para PKL yang terkenal imbas dari pembangunan ini," Ucapnya.

Wali Kota Bandung ini menyatakan, Skywalk ini merupakan sarana publik yang diperuntukan untuk pejalan pertama di indonesia. Dalam pembangunannya juga 100% buatan indonesia. Sebanyak 192 kios disediakan pemerintah Kota Bandung untuk digunakan PKL menjajakan dagangannya.

"Kita mulai sebuah mimpi kota, dimana sebuah kota dapat manusiakan lagi para pejalan kaki. Suatu saat Bandung akan lebih nyaman dengan sebuah konsep yang membuat masyarakatnya bahagia," Pungkasnya.

Perwakilan dari Asosiasi Tour Guide Kota Bandung Ricky Safe'i membenarkan, semenjak dibangunnya Skywalk turis dalam dan luar negeri semakin senang berkunjung ke Kota Bandung. Karena suasana Kota Bandung memiliki suasana yang nyaman dengan segala fasilitas publik yang menyenangkan.

"Konsen kita ingin mendatangkan banyak turis ke Kota Bandung, tidak hanya turis dalam negeri. Sejak adanya skywalk ini banyak turis mancanegara yang senang mengunjungi Kota Bandung di banding kota lainnya, mereka dapat menikmati keindahan kota dan seakan termanjakan" tandasnya. (yad/sein).
×
Berita Terbaru Update