Warga Kertajati Segel Akses Jalan Menuju Bandara dan Kantor Direksikit PT BIJB

Warga Ds Kertajati Segel Akses Jalan
MAJALENGKA, FAKTABANDUNGRAYA.COM – Ketua Umum Komunitas Putra Daerah Kertajati (Kopdajati) Madroni, membenarkan adanya penyegelan akses jalan menuju Bandara dan Direksikit PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) oleh masayrakat Desa Kertajati. Penyegelan ini dilakukan oleh warga karena warga kesal atas janji-janji dari pihak Direksi PT.BIJB Kertajati karena jalan desa milik warga yang setiap hari dilintasi dan dipergunakan kendaraan operasional dan karyawan PT BIJB termasuk juga para pekerja , tidak kunjung diperbaiki.

Menurut Madroni, aksi penyegelan akses jalan menuju Bandara dan kantor Direksikit PT BIJB ini, dengan cara menggali jalan desa tersebut, agar kendaraan operasional proyek pembangunan BIJB tidak dapat masuk kelokasi proyek. Hal ini, terpaksa dilakukan warga Kertajati karena warga mulai kesal atas janji-janji pihak PT BIJB kepada warga yang jalannya jadi rusak akibat terkena pembangunan BIJB tetapi sampai sekarang belum juga ada titik terang kapan jalan milik warga tersebut diperbaiki.

Penyegelan akses jalan ini bukan berarti warga desa Kertajati tidak mendukung keberadaan/ pembangunan BIJB tapi, warga ingin minta kejelasan terhadap PT BIJB untuk dapat memberikan kepastian kapan jalan warga diperbaiki, ujar Ketua Kopdajati Madroni saat dihubungi faktabandungraya.com melalui telepon selulernya, Kamis (02/02).

Madroni mengungkapkan, panjang jalan desa Kertajati 1000 meter dengan lebar 5 meter, sedangkan luas wilyah 1.870.819 Ha. Tanah yang dibebeskan 245 Ha. Sisa Tanah Desa 1.625 Ha. Pemukiman 98,125 Ha. Tanah Sawah 177.297 Ha. Tanah Tegalan 35.175 Ha. Pembagian Wilayah 1 Blok Desa 2 dusun. Dari lahan yang tersisa sekarang akan dibebaskan lagi untuk kepentingan runaway dan banguna penunjang bandara lainnya.
Ketua Kopdajati, Madroni
Foto : istimewa

Namun, walaupun pihak aparatur desa Kertajati telah berupaya untuk memfasilitasi pertemuan antara warga Kertajati dengan manajemen PT BIJB, sampai hari ini belum juga terjati pertemuan kembali. Bahkan, pada tanggal 25 Januari 2017 lalu, pihak PT BIJB menjanjikan akan bermusyawarah kembali dengan warga Desa Kertajati, tetapi tidak juga terwujud.

Berhubung tidak terwujud, akhirnya warga kesal dan melakukan aksi penyegelan akses jalan yaitu berupa pembongkaran jalan agar kendaraan operasional proyek dan karyawan PT BIJB, khususnya roda 4 atau lebih tidak dapat masuk kelokasi Bandara dan kekantor direksikit PT.BIJB, jelasnya.

Lebih Lanjut Madroni mengatakan, 3 hari menjelang pertemuan tanggal 25 Januari 2017, kita dari Kopdajati sudah koordinasi dengan Humas PT BIJB yang ditemu Pak Dodo, dan kita sudah sampaikan bahwa warga desa Kertajati sudah sangat menanti untuk bermusyawarah, sesuai dengan janji pihak BIJB. Untuk itu, kita (Kopdajati-red) meminta jangan sampai gagal. Namun, nyatanya dibatalkan sepihak oleh pihak BIJB, sehingga warga kesal dan melakukan penyegelan akses jalan tersebut, ujarnya.

Warga tetap mendesak Jalan desa Kertajati yang panjangnya 1000 meter dan lebar 5 meter tersebut, semua diperbaiki sekaligus, bukan sepotong-sepotong, tapi pihak BIJB hanya sanggup per 200 meter, tnadasnya. (husein).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. SETUJU...
    Masa Mega proyek yang bernilai trilyunan rupiah tidak bisa merealisasikan tuntutan warga desa Kertajati yang sekecil itu. Itu hal yang sangat wajar...

    BalasHapus