Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Aher : Alhamdulillah, Kuota Haji Jabar Bertambah Jadi 38.626

Kamis, 02 Maret 2017 | 12:33 WIB Last Updated 2017-03-03T05:34:27Z
Gybernur Jabar Aher, hadiri Raker Kanwil Kemenag di Cirebon,
(foto : ist).
CIREBON, FAKTA BANDUNGRAYA.COM -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, Provinsi Jawa Barat tahun 2017 ini mendapat jatah kuota haji sebanyak 38.626. Ini bertambah dari tahun sebelumnya yang sebesar 28 ribu lebih. bertambahnya kuota haji ini karena selesainya renovasi Masjidil Haram yang sempat berpengaruh pada pengurangan kuota haji untuk masing-masing negara.

"Alhamdulillah kuota haji Jabar tahun ini normal kembali bahkan bertambah," kata Aher kepada wartawan . usai Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jabar di Cirebon, Kamis (02/03). Selain itu, Indonesia pun mendapat tambahan kuota khusus dari raja Salman Bin Abdulazis Al Saud sebesar 10 ribu.

Dikatakan dengan bertambahnya jatah Haji bagi provinsi Jawa Barat, tentunya berpengaruh pada daftar tunggu keberangkatan haji menjadi lebih cepat.

Dengan begitu maka total keseluruhan kuota haji untuk Indonesia menjadi sebanyak 220 ribu. Untuk Jabar sendiri yang kebagian jatah kuota 38.626 akan didistribusikan merata ke 27 Kabupaten dan Kota. Terkecuali untuk Kota Cimahi dan Kota Banjar mendapat jatah 20 persen dari jumlah tersebut.

"20 persennya kita berikan untuk Kota Cimahi dan Banjar," ucap Aher.

Kendati menurut Aher, penambahan kuota haji tersebut dirasa masih kurang karena warga Jabar yang mendaftar haji tiap tahunnya terus meningkat. Saat ini saja ada 400 ribu warga Jabar yang sudah mendaftar haji dan menunggu.

"Masih kurang, karena yang daftar tunggu masih 13 kali lipat yaitu sekitar 400 ribu," ungkapnya. (sur/hms).
×
Berita Terbaru Update