Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gubernur Jabar Resmikan Sekretariat Satgas Saber Pungli di Gedung Sate

Senin, 27 Maret 2017 | 11:13 WIB Last Updated 2017-03-28T04:14:12Z
Gubernur Jabar Aher memberikan keterangan Pers, uasi
meresmikan Sekretariat Saber Pungli Jabar  (foto:Ist)
BANDUNG,FAKTABANDUNGRAYA.COM, - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meresmikan langsung kantor sekretariat Saber Pungli Jabar yang terbilang cukup representatif di gedung B lantai dua Gedung Sate Bandung.

"Alhamdulillah hari ini kita resmikan kantor sekretariat Satgas Saber Pungli yang cukup representative, kantor ini dapat dipergunakan untuk pertemuan membahas hasil tindakan Pungli di lapangan," ucap Aher usai peresmian, Senin (27/03).

Kantor sekretariat Saber Pungli Jabar memiliki beberapa ruangan seperti ruang Pokja pencegahan, Pokja yustisi, Pokja penindakan, Pokja intelejen dan posko Satgas.

"Kita serius ingin menghilangkan Pungli di Jabar di semua lini karena pungli lah yang membuat masyarakat tidak nyaman," ujar Aher.

Setelah dibentuk pada November 2016 lalu, Aher meyakini Satgas ini mampu untuk semakin mendorong komitmen dalam memberantas pungli khususnya di lingkungan aparatur negara sehingga prinsip good governance, clean governance betul-betul dapat diwujudkan.

"Sudah sekian bulan lalu kita lantik Saber Pungli Jabar dan sudah bekerja, sudah ada tindakan di lapangan, yang jelas kita serius ingin menghilangkan Pungli di Jabar," ungkap Aher.

Selain itu, Jabar juga telah meluncurkan sejumlah program inovasi yang ditujukan untuk memberantas pungli. Dari beberapa program tersebut bahkan tahun 2016 lalu telah ditetapkan sebagai "pilot project" pencegahan korupsi dan pungli untuk 17 Provinsi di Indonesia oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Inovasi tersebut yaitu e-samsat, cara mudah bayar pajak pada sektor pendapatan. Sistem manajemen Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) pada sektor tunjangan pegawai dan inovasi pelayanan terpadu satu pintu untuk sektor perizinan.

"Kita ingin menampilkan layanan publik kepada masyarakat yang cepat dan bebas pungli," tuturnya.

Bahkan, pada tahun 2010 lalu, KPK menetapkan Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu dari lima Provinsi di Indonesia yang tingkat Punglinya paling minim.

"KPK 2010 lalu pernah merilis lima Provinsi di Indonesia yang tingkat punglinya paling minim salah satunya adalah Jabar, mudah-mudahan makin lama makin hilang," harap Aher. (sein/hms).
×
Berita Terbaru Update