Jelang UNBK 2017, Komisi V DPRD Jabar Tinjau Kesiapan Sekolah

Ketua Komisi V DPRD Jabar Syamsul Bachri didampingi Ketua
Yayasan Assalaam Habib Syarief Mohammad (foto :ist)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM, - Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Unjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 yang akan digelar pada bulan April mendatang, untuk tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MAN. Komisi V DPRD Jabar melakukan pemantauan kebeberapa sekolah. Untuk mengetahui sejauh mana pihak sekoleh mempersiapkan diri, baik dari fasilitas (computer) dan ketersediaan listrik.

Menurut Ketua Komisi V DPRD Jabar, Syamsul Bachri, tahun ini ada peningkatkan jumlah sekolah yang menerapkan ujian nasional berbasis computer (UNBK), untuk Komisi V melakukan peninjauan kebeberapa sekolah, baik negeri maupun swasta. Bahkan kemarin, kita meninjau kesiapan SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung di jalan Belitung-Bandung. Bahkan dewan juga meninjau SMA Plus Assalaam di Jalan Teratai, Terusan Cibaduyut, Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, di bawah Yayasan Assalaam Habib Syarief Mohammad.

Di SMAN 3 dan 5 Bandung, pihak sekolah telah menyiapkan computer untuk peserta ujian, namun, dari sisi pasokan listrik, pihak sekolah telah berkoordinasi dengan PLN wilayah Bandung, dan meminta agar selama pelaksanaan UNBK, listrik tidak mati.

Dikatakan, pelaksanaan UNBK yang akan diikuti oleh siswa SMA/SMK dan SMP/MTS pada awal April 2017 nanti, sangat tergantung suplai listrik PLN. Untuk itu, Dewan meminta puhak PLN dapat memberikan jaminan pasokan listrik dan listrik tidak akan mati selama berlangsungya pelaksanaan UNBK.

Selain itu, sebagai antisipasi, kalau terjadi aliran/ mati listrik, kita juga telah meminta pihak sekolah yang akan melaksanakan UNBK agar menyiapkan genset. Pelaksanaan UNBK akan berantakan bila listrik tiba-tiba mati dan sekolah tidak memiliki genset, ujarnya.

Lebih lanjut Syamsul mengatakan, berdasrkan data dari Disdik Jabar, bahwa jumlah sekolah tingkat SMA/SMK yang mengikuti UNBK mencapai 3.470 sekolah dengan jumlah peserta 430.428 siswa. Sedangkan jumlah sekolah tingkat SMP/MTS yang akan mengikuti UNKB berjumlah 1.541 sekolah dengan 214.286 siswa.

Dari jumlah sekolah yang akan melaksanakan UNBK tersebut, rata-rata sudah siap, bahkan persiapannya sudah mencapai sekitar 90%. Intinya pada pelaksanaan nanti harus 100 persen. Nanti ketika pelaksanaan ujian kami juga akan monitor lagi di lapangan, ujarnya.

Kedepan kita akan terus mendorong pihak Disdik Jabar agar sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK dapat mempersiapkan sarana dan prasarana. Ia menyontohkan, tak semua sekolah memiliki komputer, peralatan, dan ruangan yang memadai untuk menggelar UNBK ini. Untuk itu, akan kita carikan solusi terbaiknya, tandasnya. (sein).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment