Kodam III/Siliwangi Ganti Patung Harimau Kodim 0611 Cisewu

Patung Harimau baru di Makodim 0611 Cisewu ( foto :ist)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM, - Pada zaman dahulu, di tanah Pasundan ada sebuah Kerajaan Pajajaran dengan rajanya yang bergelar PRABU SILIWANGI, selama memerintah Prabu Siliwangi terkenal arif, bijaksana, berani, gigih, ulet dan pantang menyerah membangun kerajaan dan masyarakatnya dan selama memimpin tersebut ada Harimau yang selalu mengikuti kemanapun Prabu Siliwangi pergi.

Menurut Kapendam III/Siliwangi Letkol M Desu Atiyanto, Harimau/Maung bagi warga masyarakat Siliwangi bukan hanya bagi Prajurit Kodam Siliwangi tetapi merupakan simbol simbol yang diwariskan oleh nenek moyang atau leluhur kita pada masa lampau yaitu kerajaan Pasundan dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi.


Berdasarkan sejarah, selama kepemimpinan Prabu Siliwangi, harimau selalu ada disampingnya, oleh karena itu pada akhirnya hewan Harimau tersebut digunakan sebagai simbol Masyarakat Jawa Barat termasuk Kodam Siliwangi sebagai representasi kegagahan, keberanian, sifat ulet dan pantang menyerah.

Adapun terkait keberadaan patung yang sudah cukup lama berdiri di halaman Makodim 0611 Cisewu tersebut, berdasarkan hasil kajian Kodam III/Siliwangi kurang mencerminkan kegagahan, keberanian, sifat ulet dan pantang menyerah, bahkan ada yang menilai muka patungnya lucu. Untuk itu, atas perintah Pangdam III/Siliwangi, akhirnya patung tersebut kita ganti dengan patuang Harimau yang lebih representative, sesuai dengan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh nenek moyang Jawa Barat, ujarnya.

Kini patung Harimau pengganti tersebut sudah bertengker di halaman Kodim 0611 Cisewu. Patung harimau tersebut, karya asli buatan prajurit Kodam III/Siliwangi yaitu dibuat oleh Kapten Eko Katim PAL (Denpal Korem 062). Yang kelihatan lebih gagah. (husein)
inilah Patung Harimau sebelumnya (foto: ist)

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment