Pedagang Sudah Dapat Menempati Pasar Sementara Desa Mekarmukti -Cihampelas

Pasar Sementara Desa Mekarmukti-Cihampelas (foto:ist)
 BANDUNG BARAT, FAKTABANDUNGRAYACOM,- Pasar sehat yang berada didesa Mekarmukti Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah siap untuk dibangun. Nanti Pasar Sehat Cihampelas akan dibangun secara permanen, namun selama pembangunan, seluruh pedagang direlokasi ditempat penampungan sementara. Kini pasar relokasi sudah selesai dan sudah dapat ditempati.

Menurut pengembang Pasar Sehat Cihampelas Yosep, bahwa dengan telah selesainya pasar penampungan sementara, maka pada pedagang sudah dapat berjualan di relokasi pasar sementara.

Pembangunan Pasar Sehat Cihampelas (PSC) dibanguan dilahan milik Carik desa Mekarmukti seluas 2700 M2 ini sebanyak 360 kios plus130 los Kaki Lima , kata Yosep kepada HU Fakta Jabar, Kamis (23/03).

Dikatakan, para pedagang akan memiliki kios dengan cara menyicil selama 4 tahun dengan DP sebesar 30% dari harga jual, sedangkan hak guna pakai selama 20 tahun. Selanjutnya akan dikelola oleh pihak desa sebagai aset milik desa. Seharus kami punya hak untuk turut pengelolaan namun, kami tidak mau ikut campur dan sepenuhnya kita serahkan kepada pihak desa. Dalam hal ini yang akan dikelola oleh BUMDES Desa Mekarmukti.

Adapun terkait permalsahan yang pernah terjadi, Yosep mengatakan, sebenarnya itu terjadi karena ada sedikit terjadi miscomunikasi. Dan Alhmadulillah setelah di musyawarahkan, akhirnya semua paham dan mengerti, ujarnya.

Masih kata Yosep sebetulnya kami yang bekerja sama dengan pihak bank membantu kepada khususnya desa Mekarmukti dan masyarakat untuk mendirikan pasar, adapun kedepanya demi kemajuan kami menyerahkan dalam pengelolaanya pasar tersebut oleh pihak desa itu sendiri, dengan adanya permasalahan sebelumnya para pedagang dan sebagian masyarakat belum sepenuhnya memahami hal tersebut, ujarnya.

Sementara itu, Pemerhati Pembangunan Kabupaten Bandung Barat Gaston Barus mengatakan, dengan dibangunya Pasar sehat Cihampelas yang berada di desa Mekarmukti Kecamatan Cihampelas KBB, seharusnya pihak kecamatan dan desa serta masyarakat berterima kasih dengan keberadaan pasar tersebut.

Bahkan Pasar pasar Cihampelas ini dapat dijadikan percontohan untuk pembangunan pasar yang lain, karena berdasarkan azas kerjasama antara aset desa dengan investor sehingga pemerintahan desa sangat diuntungkan didalam pengelolaaan aset-asetnya.

Lebih lanjut Gaston mengatakan, membangun satu pasar membutuhkan biaya cukup besar , sehingga bila mengandalkan dana desa yang sangat terbatas tentunya sangat sulit terwujud. Untuk itu, kita harus bersyukur ada investor yang mau membiayai pembangunan.

Saya nyakin, pasar sehat Cihampelas ini dapat dapat ditiru oleh desa-desa yang lainya, sehingga Pemkan KBB akan terbantu dengan pertumbuhan pembangunan dan pemerataan ekonomi,"pungkasnya.(Trs/ari).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.