Berantas Pungli Tambang di Bogor, Saber Pungli Jabar Gandeng Pusat


Wagub Jabar Demiz dalam acara di ec Gubung Sindur Bogor
(foto: ist)
KAB. BOGOR, FAKTABANDUNGRAYA.COM,- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menegaskan, rusak parahnya jalan /infrastruktur yang terjadi di Rumpin dan Gubung Sindur diakibatkan oleh truk-truk pengangkut pasir dan batu yang melebihi tonase untuk dijual ke daerah lain, salah satunya untuk reklamasi Pantai Utara Jakarta.

Dalam sehari, tidak kurang dari 3000-an truk melintas mengangkut pasir dan batu di bawa ke Jakarta untuk menimbun/ reklamasi pantai utara Jakarta. Bahkan ketika Pemprov Jabar melakukan sidak ke Rumpin dan Gunung Sindur, ternyata setiap kendaraan truk yang melintas dipungut pungli sebesar Rp.80 ribu.

“ Kalau dihitung, Rp.80ribu/truk melintas dikalikan 3.000-an perhari maka bila dijumkan hasil pungli mencapai Rp.240 juta per hari”, Pertanyaannya kemana masuknya uang pungli tersebut ?... kata Demiz saat melakukan kunjungan ke Yayasan Pendidikan Islam Az-Zabidiyah (YAPIA), Jl. Raya Maloko, Kampung Banjar Pinang RT 001/007, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Senin (24/04) kemarin.

Para pemilik tambang dan truk merasa sudah bayar setiap melintas maka seenaknya mereka mengangkut pasir dan batu melebihi tonase. Mereka tidak pernah memikirkan dampak kerusakan alam dan intrastruktur yang dilewati, ujar Wagub.

Demiz juga mengatakan bahwa pemprov Jabar bersama tim Saber Pungli Jabar, telah melaporkan permasalahan ini langsung kepresiden dan tim Saber Pungli Pusat.

"Saya sudah melaporkan ini ke Presiden langsung. Saya katakan ke Presiden jangan sampai membangun sebuah peradaban di atas kemaksiatan. Presiden terdiam saja ketika saya mengatakan itu. Makanya reklamasi tadi dimoratorium, tapi meskipun dimoratorium tetap saja berlangsung sampai saat ini kan," ujar Demiz di hadapan ratusan warga.

Selain itu, saya juga pernah mengajak Pak Ahok dan Pak Djarot untuk sidak ke sini (Rumpin) tapi beliaunya ga bisa," tambahnya.

Ditambahkan, perbuatan pungli pertambangan di Bogor ini tidak boleh dibiarkan, untuk itu, Tim saber Pungli Jabar menggandeng Tim Saber Pungli Pusat untuk menghentikan segala aktiftas punglihasil petambangan.

Sementara itu, jalan yang dilintasi ini kewenangannya ada di Kab Bogor, untuk itu kita tidak berani melakukan pembangunan perbaikan jalan tersebut karena akan menyalahi aturan. Namun, apabila Pemkab bogor mengajukan permohonan ke Provinsi atau kepisat untuk minta bantuan pernaiki jalan, barulah dapat kita penuhi, ujar Demiz menjawab keluhan warfa Bogor.

Dalam kunjungan Wagub ke wilayah Rumpin dan diteruskan ke wilayah gunung Sindur, Demiz bersama istri Giselawati memberikan bantuan kepada Yayasan Pendidikan Islam Az-Zabidiyah untuk membangun Kobong. (hms/sein).



Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :