Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ormas Paku Padjadjaran KBB Siap Lestarikan Seni Budaya Sunda

Minggu, 30 April 2017 | 19:02 WIB Last Updated 2017-05-01T12:03:39Z

Ormas Paku Padjadjaran siap lestarikan Seni Budaya Sunda
BANDUNG BARAT, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- DPC Bandung Barat Paku Padjadjaran Bemi Mulyana mengatakan, ditengah maraknya pengaruh budaya asing dan kemajuan teknologi, Ormas Paku Padjadjaran Kabupaten Bandung Barat siap melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di tatar sunda.

Melestarikan Seni Budaya yang ada ditatar sunda sesuai dengan Visi dan Misi Ormas Paku Padjdjaran yang memiliki slogan : Bhirawa Suhbrasta , dengan Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh dan Silih wangikeun. Yang berarti kita harus menjalin kebersamaan dalam pembangunan terutama dalam melestarikan seni budaya.

Siapa lagi yang akan melestarikan dan mengembangkan seni- budaya Sunda kalau bukan oleh kita -kita ini terutama pembinaan terhadap regenerasi. Karena kita tidak kita lestarikan akan lenyap seiringan dengan perkembangan jaman, kata Ketua DPC Bandung Barat Paku Padjadjaran Bemi Mulyana disela acara Milangkala ke 5 ormas Paku Padjadjaran di halaman Parkir depan Ramayana Padalarang Minggu (30/4).

Dikatakan, Bemi, dengan digelarnya pentas seni budaya sunda seperti Pencak Silat, Jaipong, Kerembi dan Kuda Lumping serta serimpi ini kami sengaja agar masyarakat pada umumnya akan tergugah dan seneng dengan budaya asli sunda ini, dan kita juga memberikan pemahaman khususnya kepada pengurus dan anggota Paku Padjadjaran KBB untuk senan tiasa ngamumule dan melestarikan seni budaya sunda agar tidak tergerus oleh jaman terutama kesenian yang datang dari luar,"tegasnya.

Sementara itu Ketua Umum Pusat Paku Padjadjaran yang diwakili Sekjenya Agus SR mengatakan, Apresiasi kepada jajaran pengurus dan anggota DPC Bandung Barat yang begitu konsisten dengan sesuai Visi dan Misisnya Paku Padjadjaran yaitu melestarikan seni budaya sunda dan kebersamaanya dalam menjalani kehidupan sesuai dengan kultur kepasundanan, kami lihat sendiri dengan hadirnya LSM Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, LSM Patik, dan KNPI di acara milngkala ini berarti Ketua DPC Paku Padjadjaran KBB ada kerukunan dan kebersamaan dalam membangun daerahnya,"tegasnya.

Sedangkan Kepala Kesbang Ade Sudiana mewakili Bupati Bandung Barat menyampaikan, Apresiasi kepada DPC Paku Padjadjaran KBB yang mana bisa komitmen dengan melestarikan seni budaya sunda, atas nama pemerintah kami berharap terus jalin kebersamaan dan senergitas antara  pemerintahan dengan LSM dan Ormas serta OKP.

Mari kita  bahu membahu dalam melestarikan seni budaya terutama dalam pembangunan di Kabupaten Bandung Barat, karena kita ketahui bersama dengan kemajuanya jaman dan dengan teknologi yang semakin canggih, namun kita harus konsisten untuk melestarikan seni budaya yang ada dikita ini dan beri pemahaman kepada generasi kita agar tetap untuk ngamumule seni sunda,dan cinta terhadap tatar sunda,"pungkasnya.

Pelaksanaan Milangkala ka 5 ( ulang Tahun Ke 5) DPC KBB Paku Padjadjaran yang dilaksanakan dihalaman parkir depan Ramayana Padalarang dihadiri Kepala Kesbang Ade Sudiana, Sekjen Pusat Paku Padjadjaran Agus SR, dan Beberapa LSM, Ormas dan OKP serta Para tamu undangan dengan disuguhi pagelaran Tari Jaipong, Penca Silat Kesenian Kareumbi, dan Kuda lumping yang sangat memikat penonton,(trs/ari)

×
Berita Terbaru Update