Sunatra : BUMD Yang Selalu Merugi Dilikwidasi Aja

BANDUNG,FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Sekretaris Fraksi Paratai Gerindra DPRD Jawa Barat DR. Sunatra berpendapat, dari 14 BUMD Provinsi Jawa Barat, masih ditemukan ada BUMD yang terus-terusan merugi yaitu BUMD PT. Agronesia. Padahal tujuan dibentuknya BUMD itu untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tapi kalau merugi terus sebaiknya dilikwidasi aja, daripada membebani APBD Jabar.


Sunatra mengatakan, PT. Agronesia sejak berdiri beberapa tahun lalu, sampai kini belum pernah memberikan deviden bagi PAD, bahkan hampir setiap tahun meminta suntikan anggaran dari APBD Jabar. Inikan sangat tidak lucu, jauh dari tujuan didirikannya BUMD itu sendiri, kata Sunatra saat ditemui disela kegiatan Pansus III DPRD Jabar yang membahas tentang LKPJ Gubernur 2016, di DPRD Jabar, Kamis (17/04).

Dikatakan dari 14 BUMD Jabar dibagi dalam 3 katagori yaitu ada yang menguntungkan, manajemen dan suplynya sudah bagus, dan sudah bisa memberikan deviden bagi provinsi. Untuk menambah pendapatan daerah. Kemudian BUMD yang manajemennya sudah bagus tetapi belum memberikan pemasukan, dan BUMD yang merugi terus seperti Agronesia.

“ya untuk apa dipertahankan kalau merugi terus ? Kan penyetoran modal terus menerus tiap tahun diminta., Jadi harus dilikwidasi aja, tegasnya.

Untuk BUMD yang masuk bagus baru dua BUMD yang memberikan deviden bagi PAD Jabar yaitu PT.Bank BJB dan PT Jamkrida Jabar. Bahkan Bank BJB sudah masuk peringkat 14 secara Nasional.

Lebih lanjut Sunatra mengatakan, Pansus III (LKPJ Gubernur), saat ini tengah mengkaji secara cermat berapa yang merugi terus berapa yang belum dan berapa yang sudah menguntungkan. Bagi yang sudah menguntungkan kita terus pacu supaya kinerja lebih di tingkatkan.” Ujarnya.

Usulan tindak lanjut untuk likwidasi ini nantinya berupa rekomendasi Pansus. Bila peleno Pansus menyepaki untuk direkomendasi, tentunya akan kita sampaikan dalam laporan Pansus untuk dibawa kesidang paripurna. Mudah-mudahan kawan seluruh anggota dewan dapat menyetujui, ujar Sunatra yang juga anggota Komisi III DPRD Jabar ini.

Kalau Dewan menyetujui lantas bagaimana dengan asset dan SDM PT.Agronesia ?..., Soal Asset dan SDM itu, nanti yang menanganinya akan ditangani oleh Biro sarana perekonomian investasi dan BUMD Pemprov Jabar.

“Jadi nanti biro yang bertanggung jawab untuk menyelamatkan segalanya karyawan , aset, dan lainya. oleh biro nantinya bisa saja dititipkan di BUMD lainnya, tandasnya. (sein).


Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment