Asyanti : Cari Bibit Atlet Anggar Potensial, IKASI Jabar Gelar Sirkuit I


BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM, - Ketua Umum Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jawa Barat, Asyanti Rozana Thalib yang juga anggota DPRd Jabar dari FPDIP mengatakan, kegiatan pegelaran Sirkuit Anggar 1 Jawa Baratyang diselenggarakan di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung pada 13­14 April 2017 ini, untuk mencari bibit-bibit atlet muda yang potensial, khususnya yang berusia 10 tahun keatas.

Menurut, anggota Komisi V DPRD Jabar bahwa, Sirkuit Anggar I Jabar ini selain mencari bibit-bibit baru potensi juga sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi atlet Anggar junior yang ada ditingkat Kabupaten/kota se Jabar. Nanti para juara akan kita bina untuk menjadi atlet Anggar Jabar.

Jadi ada ajangnya untuk bertanding dan ajang untuk meraih prestasi terbaik,” ujar Asyanti usai membuka Sirkuit Anggar 1 Jawa Barat di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu (13/5).

Dikatakan, insya Allah kedepan, kegiatan ini akan kita jadikan agenda tahunan/ rutin dari IKASi Jabar . Bahkan IKASI Jabar sudah merencanakan pada tahun ini akan menggelar Sirkuit Anggar Jabar dua kali. Namun dikarenakan terganjal dengan kejuaraan Internasional, maka rencana untuk menggelar Sirkuit Anggar Jabar ini kemungkinan dialihkan pada 2018 mendatang.

Adapun terkait Sirkuit Anggar I Jabar ini sendiri, Asyanti mengatakan, diikuti sebanyak 205 atlet anggar yang berasal dari 15 kota/kabupaten. Hanya satu daerah yang tidak mengirimkan atletnya yakni Kabupaten Sukabumi.

Sedangkan untuk nomor yang dipertandingkan sebanyak 14 nomor pertandingan yang dibagi dalam empat kategori usia. Yakni mulai dari kelompok usia pra kadet, kadet, junior dan senior U­23

“Untuk kategori usia pra kadet hanya mempertandingkan nomor floret putra putri, lalu untuk kelompok usia kadet putra dan putri mempertandingkan semua nomor senjata baik floret, degen maupun sabel. Begitu juga di kelompok usia junior dan senior U­23 putra putri yang mempertandingkan tiga jenis senjata yakni sabel, floret dan degen,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, Ikasi Jawa Barat terus menyosialisasikan pelaksanaan Kejuaraan Terbuka Anggar Junior. Kejuaraan berkelas internasional ini rencananya digelar di triwulan terakhir 2017.

“Kejuaraan ini kita gelar terbuka. Tidak hanya untuk level Indonesia, tapi untuk seluruh dunia. Jadi kita terus promosikan kejuaraan ini ke setiap penjuru negara di dunia,” katanya.

Dari promosi yang terus dilakukan pihaknya, lanjut Asyanti, beberapa negara sudah menyatakan kesiapannya mengikuti kejuaraan. Kesiapan tersebut pun sudah disampaikan secara lisan kepada pihaknya.

“Jadi yang sudah secara lisan menyatakan siap ikut dalam kejuaraan ini cukup banyak dari beberapa negara. Mulai dari negara di wilayah Eropa, Asia, hingga Timur Tengah. Kalau untuk provinsi yang sudah menyatakan ikut hampir semua provinsi,” tambahnya.

Untuk kejuaraan sendiri, rencananya akan digelar saat waktu libur sekolah yakni di bulan Juli atau November 2017 mendatang. Rencananya, kejuaraan akan digelar di salah satu hotel di Kota atau Kabupaten Bogor.

Untuk kategori yang akan dipertandingkan yakni mulai pra kadet hingga kategori junior dibawah usia 17 tahun. Semua kelompok umum tersebut, akan mempertandingkan untuk semua jenis senjata mulai dari floret, degen hingga sabel.

“Kalau untuk peluang, atlet Jabar punya potensi sangat bagus. Kejuaraan ini akan menjadi ajang kompetisi berharga bagi atlet kita. Selain menghadapi atlet se­Indonesia, juga akan mendapat lawan dari atlet asal negara lain, ” ujarnya.

Asyanti berharap, semoga olahraga Anggar di Jabar semakin berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat terutama kalangan anak muda, tandasnya. (sein/hms).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. Bonus Freebet dan Freechip Setiap Hari
    ADU BANTENG, Sabung Ay*m, Sp*rtbo*k, P*ker, CEM*, C*PSA, D*MINO, Casin*
    Deposit 100.000 Freebet 10.000
    BBM : D89CC515
    www*(.)Bolavada(.)*com
    www.bandaragenjudi.com

    ReplyDelete