Pemprov Jabar Akan Umumkan Hasil Sayembara Proyek WJACC

Presscon, hasil sayembara gedung WJACC
BANDUNG,-  FAKTABANDUNGRAYA.COM,-Wakil Gubernur Jawa Barat H.Deddy Mizwar mengatakan,  sejak dibuka pendaftaran 20 Maret 30 sampai 23 April 2017, tercatat sebanyak 110 peserta dari berbagai provinsi se Indonesia mengikuti sayembara proyek gedung pusat seni dan budaya Jawa Barat ( West Java Art And Culturral Centre /WJACC). Namun setelah dilakukan seleksi secara bertahap, akhirnya dihasilkan 5 peserta masuk nominasi yang akan diumumkan pada Senin (15 Mei) mendatang.
Menurut Wagub Demiz, sayembara WJACC ini diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Maksud sayembara adalah untuk mendapatkan ide atau gagasan desain Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat - West Java Art and Cultural Centre (WJACC) yang berkualitas baik dan berstandar internasional.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat sampai saat ini belum memiliki gedung Seni dan Budaya yang represntatif bertaraf internasional. Untuk itu, dengan akan dibangunnya gedung WJACC di jalan Pahlawan No. 70 diharapkan, dapat menjadi tempat pengembangan dan pentas Seni-Budaya, khususnya yang ada di Jabar.  Selain itu dapat juga dipergunakan untuk berbagai pentas Seni dan Budaya internasional.
Hal ini dikatakan Demiz dalam jumpa pers di gedung sate, Jum’at  (12/05), didamping Asda Denny Djuanda, Kadis BMPR M.Guntoro dan  Ketua IAI Jabar/ Ketua Penitia Sayembara Robby Dwikojuliardi.
Dikatakan, lahan yang tersedia sekitar 4 Ha, namun, yang akan dibangun tahap I ini hanya mempergunakan lahan seluas 1,5 Ha.  Nanti gedungnya akan dibangun untuk tiga aula. Tapi yang akan dibangun duluan untuk kapasitas 1.500 penonton.
Ditempat yang sama akan dibangun ruang expose/ pameran seni –budya khususnya berasal dari Jabar, ujarnya.
Adapun terkait sayembara, Demiz mengatakan, dewan juri yang terlibat terdiri dari  para pakar dan seniman seperti Budi A Sukada, Gunawan Tjahjono, Baskoro Tedjo, Tisna Sanjaya dengan tim pendamping  dari Pulitbang KemenPUPR, Dinas Rumkim Jabar,  Dinas BMPR,  Dinas LHD Jabar, Dinas Parbud Jabar,  BP2D Jabar,  Disbub Jabar, Dinas PRP kota Bandung, Dinas PKP3 Kota Bandung, DBMP Kota Bandung.  Ditambah lagi Juri Kehormatan, yaitu GubernurJabar Ahmad Heryawan dan Wagub Jabar Deddy Mizwar.
Sementara itu,  Ketua Panitia Sayembara,  Robby Dwikojuliardi  mengatakan, saat ini sudah ada 5 nominasi pemenang yaitu yang mengangkat tema: Menara di Alam; PErsembahan Bumi; Saung Parahyangan; Saung Taluh dan Ruangan Awi.  
Namun, dari ke 5 nominasi tersebut tidak ada satupun berasal dari Jabar yang ada : 2 dari Jakarta, 1 Solo, 1 Semarang dan 1 Jogjakarta.
Sedang bagi pemenang akan mendapatkan penghargaan berupa uang dan dilibatkan dalam perencanaan pembangunan.  Untuk Juara 1  sebesar Rp. 300 juta, Juaea II : Rp. 100 juta dan Juara III : Rp75. Juta serta Juara  Harapan Rp.30 juta. Namun, itu belum dipotong pajak, tandasnya. (sein/eddy). 

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment