Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Penyerepan Anggaran APBD Jabar 2016 Tertinggi di Indonesia Capai 93,6%

Rabu, 03 Mei 2017 | 17:35 WIB Last Updated 2017-05-23T03:40:04Z


Penyerahan hasil Pansus LKPJ Gubernur 2016 (foto:ist)
BANDUNG , FAKTABANDUNGRAYA.COM,– Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan merasa bangga atas penyerapan anggaran Pempemprov Jabar pada tahun 2016 mencapai 93,6 persen. Angka serapan anggaran ini merupakan yang tertinggi diantara Provinsi lain di Indonesia dan beluam ada dalam sejarah. Hal ini didukung oleh serapan di seluruh OPD yang cukup maksimal, hingga rata mencapai 93,6 persen.

Hal ini, dikatakan Gubernur Aher, usai mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Jabar yang beragendakan Laporan Pansus I tentang Pembahasan LKPJ Gubernur Akhir Tahun 2016, Penetapan Hasil LKPJ Gubernur Akhir Tahun 2016 dan Penyampaian Rekomendasi kepada Gubernur Jabar mengenai Hasil Pembahasan LKPJ Akhir Tahun 2016, pada Selasa (02/05) malam di kantor DPRD Jabar Jalan Diponegoro Bandung.

Dalam laporan Pansus I DPRD Jabar disebutkan, angka-angka perkembangan makro dan mikro ekonomi secara umum mengalami peningkatan. Kemudian, sepanjang tahun 2016 program-program pembangunan yang dilakukan Pemprov Jabar telah berhasil dan membuahkan 22 penghargaan dari pemerintah pusat untuk tingkat nasional.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, angka-angka perkembangan makro maupun mikro ekonomi seluruhnya secara umum naik ya. Kita pun tak menyangka program pembangunan yang kita buat menghasilkan penghargaan walaupun semenjak awal pembangunan kita tidak diniatkan mendapatkan penghargaan,” ungkap Aher.

Ia pun menyadari masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan di tahun 2016 tersebut dan telah menjadi catatan untuk perbaikan di tahun berikutnya. Walaupun angka pengangguran sedikit naik namun pada saat yang sama angka kemiskinan mengalami penurunan.

“Saya katakan bahwa seluruh indikator makro Jabar tahun 2016 seluruhnya positif kecuali di angka pengangguran yang sedikit naik namun disaat yang sama angka kemiskinan kita turun signifikan,” tuturnya.

Kenaikan tersebut menurut Aher, penyebabnya adalah holistik, bisa dari eksternal, kebijakan pusat, Provinsi maupun kebijakan dari Kabupaten/ Kota karena keseluruhannya saling berkaitan.
“Ini akan kita evaluasi karena baru kali ini ya pada tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi, tapi pada saat yang sama kita justru tahun 2016 itu mendapatkan angka pertumbuhan ekonomi paling tinggi di pulau Jawa, kemudian penurunan kemiskinan di Jabar turun tajam juga, berarti positif kan tren nya,” jelasnya.

Setelah ditetapkan menjadi Provinsi dengan penanaman investasi terbesar di Indonesia pada tahun 2016, seharusnya mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi. Aher menilai, terdapat beberapa investor yang menamankan investasinya untuk sektor padat modal bukan padat karya.

“Harusnya pengangguran terserap kan gitu, nah ada apa dengan investasi ini jangan-jangan investasinya di sektor padat modal bukan padat karya oleh karena itu kedepan kita akan bedah seluruhnya dan akan kita arahkan agar investasi ini berdampak pada ketenagakerjaan,” pungkas Aher. (hms/sein)



×
Berita Terbaru Update