Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

BPK RI Nyatakan Kegiatan PON-Peparnas “Clear” Dengan Catatan

Senin, 12 Juni 2017 | 23:04 WIB Last Updated 2017-06-13T16:06:20Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-– Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan bahwa berdsarkan laporan hasil pemeriksaan PON 2016 Jabar sudah clear dan secara umum tidak ada persoalan. Hal ini dikatakan Aher usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2016 Pemprov Jabar dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Gedung DPRD Jabar, Jl. Diponegoro No. 27, Kota Bandung, Senin (12/06).

Hasil pemeriksaan PON kan sudah disupervisi terlebih dahulu oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan). BPKP sudah mengatakan clear, secara umum ngga ada persoalan. Kemudian ketika masuk BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) didetailkan dan diteliti lebih lanjut,” ungkap Aher usai menerima LHP LKPD TA 2016 Pemprov Jabar.

“Tentu saja proyek besar dilaksanakan dalam waktu yang cepat, secara bersama-sama ada unsur Non-PNS disitu. Non-PNS itu profesional, tapi untuk laporan keuangan kurang profesional karena dia tidak terbiasa dengan laporan keuangan versi pemerintah,” lanjutnya.

Hal tersebut mengakibatkan proses pembuatan laporan keuangan berlangsung lama. Karena melibatkan semua pihak yang ada dalam penyelenggaraan PON, seperti atlet, panitia, seniman yang terlibat dalam upacara pembukaan dan penutupan, serta berbagai pihak lainnya termasuk para PNS itu sendiri.

“Yang penting PON-nya berjalan dengan bagus dan setelah dikonsolidasi seluruhnya, ternyata Alhamduillah dengan susah payah – karena perbedaan karakter tadi kan, yang satu professional yang satu PNS. Berbeda suasananya. Dan kemudian dalam urusan keuangan ada sedikit gap, tapi gap tersebut berhasil kita selesaikan,” papar Aher yang juga Ketua Umum PB PON didampingi Sekretaris Umum Ahmad Hadadi ( Kadispada PON .

Lebih lanjut, Aher mengatakan bahwa ada hal yang masih menjadi Pekerjaan Rumah dari PON 2016 lalu, yaitu pencatatan peruntukkan barang atau aset daerah yang dibeli untuk keperluan PON. Aset yang dibeli oleh OPD atau PB PON saat ini telah dikumpulkan untuk didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan agar berdaya guna.

Aher mengaku pihaknya sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak – baik itu OPD (Dinas Olahraga dan Pemuda) atau cabang olahraga terkait. “Kita sedang berkoordinasi dengan para pihak. Bisa nanti digunakan oleh Disorda (Dinas Olahraga dan Pemuda) untuk latihan anak-anak didik sebagai pemasalan, pembibitan olahraga, bisa juga diberikan ke cabor (cabang olahraga). Saya kira tinggal itu,” ujar Aher.

“Sekarang semuanya sedang dikumpulkan dan sudah terkumpul. Kemudian ke depan kita akan membuat pertemuan-pertemuan. Nanti akan ada distribusi, siapa yang akan memiliki,” ujarnya.

Senada dengan Gubernur Aher, Ahmad Hadadi selaku Sekum PB PON-Perpanas mengatakan, pihaknya bersyukur dan mengapresiasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Jabar 2016 oleh BPK RI terkait kegiatan PON –Peparnas yang dinayatakan Clear.

Untuk itu, apa-apa yang menjadi catatan BKP RI, tentunya akan kita selesaikan, baik menyangkut penggunaan Dana, peralatan/ sarana pasca PON-Peparnas, penyelesaian dengan pihak ketiga, termasuk juga hal lain yang menjadi catatan BPK, akan kita selesaikan, secepatnya.

Khusus terkait kelebihan penggunaan anggaran, PB PON-Peparnas telah mengembalikan kelebihan anggaran sekitar Rp 80 Miliar lebih ke Kas Daerah. Kelebihan anggaran tersebut dihasilkan dari efisiensi anggaran kegiatan (lelang/ pengadaan maupun pembayaran honorarium seluruh kepanitian).

Kelebihan anggaran tersebut dikumpulkan dari semua bidang kegiatan, termasuk kegiatan Makan-minum, Kesekretariatan, Kegiatan seremoni Pembukaan/ penutupan, ungkap Hadadi.

Alhamdulilah Catur Sukses yang kita terapkan dalam PON –Peparnas, semua tercapai, yaitu sukses Penyelenggara, Prestasi, Ekonomi Kerakyatan dan Administrasi), tandasnya. (sein)
×
Berita Terbaru Update