Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DPRD Jabar Gaungkan Kembali “Nilai-nilai Pancasila”

Jumat, 02 Juni 2017 | 13:32 WIB Last Updated 2017-06-06T06:35:22Z

Hearing dialog " Nilai-nilai Pancasila"
BANDUNG,FAKTABANDUNGRAYA.COM,- Sejak ditetapkannya 1 Juni sebagai Hari Pancasila oleh Pemerintah Pusat, DPRD Jawa Barat siap mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada kalangan pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum. Hal ini penting mengingat, beberapa tahun belakangan ini, nilai-nilai Pancasila sebagai ideology bangsa dan pemerat NKRI, semakin memudar.

Menurut Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, bertepan dengan pekan Pancasila ini (1-4 Juni), Kami ikut serta untuk membangkitkan kembali Pancasila dan juga menguatkan pemaknaan Pancasila secara memasyarakat/menyeluruh kepada seluruh elemen masyarakat. Agar tercipta gaung dan gemanya, karena Pancasila ini ideologi bangsa dan penuntun hidup bangsa ini.

Untuk itu, dalam rangka pekan Pancasila, DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Hearing Dialog dengan tema : "Pancasila Jiwa dan Kepribadian Bangsa", bersama Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, di Lobby Ruang Sidang Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat, Jumat (02/06).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, didampingi Ketua Komisi V Syamsul Bachri, dan Sekretaris DPRD Daud Achmad dan Dosen pendamping UIN SGJ Bandung.

Hearing Dialog dimaksudkan sebagai dukungan DPRD Provinsi Jawa Barat terhadap program yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat terkait momentum hari lahir Pancasila, yang kini diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Selain itu Ineu juga mengatakan, bahwa hearing dialog ini juga bertujuan sebagai media silaturahim dan berdiskusi tentang Pancasila dengan kalangan mahasiswa juga sebagai bentuk dukungan keikutsertaan DPRD Jabar dalam mensosialisasikan nilai­nilai Pancasila.

Lebih lanjut Ineu menginginkan, dengan adanya momentum hari lahirnya Pancasila ini seluruh elemen masyarakat dapat memaknai dan memahami nilai­nilai yang terkandung dalam Pancasila. Untuk itu melalui kegiatan hearing dialog ini, sebagai media edukasi sejarah lahirnya Pancasila, dan relevansi Pancasila dengan keadaan di masyarakat saat ini.

"Kami ingin kita semua memaknai betul dan memahami nilai­nilai yang terkandung dalam Pancasila. Untuk itu, Kami ingin mengulas kembali tentang mengapa satu Juni dipilih sebagai hari lahirnya Pancasila, dan relevansi Pancasila kekinian saat ini. Kemudian menekankan bahwa pancasila selain ideologi bangsa juga sebagai pemererat bangsa," paparnya.

Selain melakukan diskusi dalam Hearing Dialog kali ini dimanfaatkan sebagai momen silaturahmi dengan melakukan buka puasa bersama para peserta yang jumlahnya mencapai 249 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan dosen tersebut.

"Harapannya kami pun secara bersama­sama turun ke masyarakat, melakukan sosialisasi terkait Pancasila ini. Karena sudah resmi bahwa hari lahirnya pancasila ditetapkan pada 1 Juni sesuai dengan Keppres No 24 tahun 2016 lalu. Sehingga kami DPRD dapat ikut serta mensosialisasikan ini di masyarakat" ujarnya.

Rahmawati salah satu peserta Hearing Dialog mengungkapkan, kesempatan Hearing Dialog ini merupakan kesempatan yang sangat istimewa baginya. Hal ini karena, materi yang dipaparkan ibu ketua sangat penting bagi para generasi muda dalam menjunjung tinggi nilai­nilai yang terkandung dalam Pancasila" ujar mahasiswi jurusan Administrasi Pemerintahan semester dua tersebut.

Harapan pun terlontar terkait kinerja DPRD, Ia berharap kedepan kinerja DPRD dapat lebih baik lagi. Mampu mengawal aspirasi­aspirasi masyarakat ditengah arus globalisasi yang saat ini terjadi ditengah­tengah masyarakat" tandasnya. (sien)
×
Berita Terbaru Update