Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Arus Mudik, DPRD Jabar Tinjau Jalur Alternatif

Selasa, 06 Juni 2017 | 16:18 WIB Last Updated 2017-06-07T09:19:23Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,- Musim mudik Lebaran tahun 2017 tinggal beberapa hari lagi, untuk itu, DPRD Jawa Barat pada Selasa (06/06), dipimpin langsung Ketua DPRD Jabar melakukan peninjauan beberapa ruas jalan alternative yang akan dipergunakan oleh para pemudik yang ingin berlebaran Idul Fitri di kampung halamannya.

Salah satu jalur alternative yang ditinjau DPRD Jabar yaitu jalur yang menghubungkan Bandung- Garut via jalur Cijapati.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari,S.Sos, MM mengatakan, jalur alternatif Cijapati sudah dapat dilalui pemudik baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, kita sarankan agar jalur alternative Cijapatik tersebut tidak diperkenankan untuk kendaraan besar.

Pihaknya memintak kepada pihak terkait agar memberlakukan pengumuman atau pemberitahuan untuk jenis kendaraan yang boleh melewati jalur alternatif tersebut, ujar Ineu.

“Karena kan jalannya kecil, jadi kalau mobil pribadi dan pemotor masih bisa dikatanya aman untuk melewati jalur alternatif ini,” ujar Ineu di Lokasi peninjauan Jalur Cijapati, Kabupaten Garut, Selasa (6/6).

Dalam kesempatan tersebut, Ineu meminta pihak Dinas Perhubungan untuk segera memperbaiki jaringan Penerangan Jalan Umum (PJU). Hal ini penting bagi kendaraan yang melewati pada malam hari. Sebab, dikhawatirkan jalur alternatif tersebut menjadi pilihan prioritas bagi pemudik yang mengakibatkan penumpukan kendaraan dititik tertentu. Karena itu, PJU harus segera dapat diantisipasi sebelum musim mudik tiba.

“Di tengah jalur PJUnya masih minim, diharapkan Dishub dapat segera menambah PJU baru sesuai dengan kebutuhan dan pemasangan rambu‐rambu lalu lintas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik menjelaskan, peninjauan jalur alternatif ini untuk mengantisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan di kawasan Nagreg dan Limbangan.

Jalur alternative Cijapati yang menghubungkan Bandung dan Garut bisa digunakan saat arus mudik. Namun, jalur ini masih memerlukan sejumlah penerangan jalan umum (PJU) agar pemudik dapat berkendara dengan aman. Dishub Jabar menjelang arus mudik tahun ini akan menyiapkan pranata yang dibutuhkan dijalur alternatif yang menghubungkan Bandung‐Garut ini, PJU dan rambu‐rambu lalu lintas untuk mendukung kenyamanan dan keamanan pemudik.

“Fasilitas lalu lintas angkutan jalan segera kita kerjakan, mudah‐mudahan di H‐14 sudah dapat berfungsi dan pemudik dapat menggunakan jalur alternatif tersebut,” ujar Dedi.

Dia menambahkan, beberapa fasilitas lalulintas pendukung yang bersifat sementara seperĕ imbauan kendaraan yang diperbolehkan untuk melewati jalur alternatif tersebut. Kemudian penunjuk arah untuk mempermudah menemukan jalur yang akan dilalui pemudik yang sifatnya portable (sementara‐red).

“Semuanya akan kita persiapkan agar menunjang pada faktor keselamatan, kenyamanan dan keamanan pemudik,” tandasnya.(sein/hms)



×
Berita Terbaru Update