Pasukan Pengamanan VVIP Kodam III/Siliwangi "Serang" Gedung Merdeka Bandung


BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Masyarakat Kota Bandung sempat kaget ketika melihat Gedung Merdeka yang terletak di Jalan Asia-Afrika yang merupakan gedung sejarah dan sering dijadikan kegiatan kenegeraan tiba-tiba tadi siang, Jum’at (21/07) diserbu pasukan pengamanan VVIP dari Kodam III/Siliwangi.

Penyerangan Gedung Merdeka Bandung merupakan bagian dari skanario latihan pengamanan VVIP , yang digelar oleh pasukan pengamanan VVIP Kodam III/Siliwangi. Sebelum pelaksanaan di Gedung Merdeka terlebih dahulu diadakan latihan drill tehnis, drill taktis dan drill tempur di seputaran gunung bohong dan lapangan Brigif 15/Kujang Cimahi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dimulai hari Senin 17 Juli dan berakhir pada hari Jumat tanggal 21 Juli 2017 diawali dengan kegiatan breefing pelaku dan pembukaan latihan Pangdam III/Siliwangi yang diwakilkan kepada Wadan Rindam III/Siliwangi Kolonel Inf Toto Sutriono, S.Sos.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra menyampaikan, Latihan ini merupakan suatu tugas yang sudah dan sering dilakukan, dan keberhasilan dalam melaksanakan tugas bukan karena kebiasaan tetapi karena tugas yang sudah dipersiapkan dengan cara latihan yang direncanakan secara baik.

Skenario latihan yang disiapkan semaksimal mungkin akan mendekati realisme kejadian yang akan terjadi dilapangan pada pelaksanaan tugas sesungguhnya, jelasnya.

Tujuan utama latihan pengamanan VVIP ini pada dasarnya adalah menyiapkan diri untuk untuk dapat bekerjasama menghadapi permasalahan yang mungkin akan timbul pada saat kegiatan pengamanan yang sesungguhnya khususnya terkait dengan potensi ancaman, gangguan, hambatan dan sabotase yang dapat menggagalkan kegiatan VVIP di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Melalui latihan ini diharapkan kerja sama yang antara Satuan Kodam III/Siliwangi maupun istansi lain yang terlibat dalam kegiatan VVIP agar terlaksanakan dengan baik, ujarnya.

Pada latihan ini Pangdam menekankan manfaatkan latihan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pengamanan VVIP secara prosedural, laksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab serta pegang teguh tujuan dan sasaran latihan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam III/Siliwangi serta ciptakan realisme dan mekanisme latihan secara optimal guna terciptanya kualitas latihan sesuai dengan prosedur pengamanan VVIV. (pen/red).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar