Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pertumbuhan Ekonomi Jadi Daya Tarik Masyarakat Bermigrasi ke Jabar

Sabtu, 01 Juli 2017 | 16:45 WIB Last Updated 2017-07-05T09:46:58Z

Ineu Purwadewi Sundari, Ketua DPRD Jabar (foto:ist)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Beberapa tahun terakhir ini tingkat pertumbuhan perekonomian terus membaik dan meningkat, sehingga cukup wajar sebagian masyarakat dari luar daerah atau provinsi lain ingin mengadu nasib dan memcari pekerjaan di Jabar. Terutama pasca lebaran Idul Fitri, biasanya cukup banyak masyarakat desa baik yang berasal dari kabupaten di Jabar maupun dari provinsi lain masuk ke kota.

Untuk mencegah agar tidak terjadi migrasi tentunya kita terus mendorong agar pembangunan di tingkat pedesaan di seluruh Jabar terus ditingkatkan. Hal ini dikatakan, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos, MM kepada wartawan di Bandung, Sabtu (1/7).

Menurut Ineu, Jabar dengan pertumbuhan ekonomi yang baik tentunya menjadi sebuah harapan untuk masyarakat untuk melakukan migrasi. Bahkan di mata warga perdesaan, perkotaan itu memiliki daya pikat tersendiri, punya potensi sehingga mengapa jadi banyak yang mau datang ke sini.

Dalam kesempatan tersebut, Ineu juga menghimbau kepada para pendatang yang dibawa pemudik dari kampung halaman usai Idul Fitri 1438 Hijriah/Lebaran 2017 dapat dicegah jika pembangunan di daerah asal atau perdesaan berlangsung baik.

Dikhawatirkannya, apabila banyaknya warga dari desa nekad datang ke kota tanpa dibekali dengan keahlian khusus maka dikhawatirkan malah akan menimbulkan masalah.

"Ini tidak perlu terjadi kalau di daerahnya sendiri sudah ada lapangan pekerjaan,salah satu cara untuk mencegah urbanisasi pascalebaran ini adalah dengan pemerataan pembangunan hingga ke desa-desa" kata Ineu

Ineu berharap, "Semoga lebaran kali ini tidak ada masalah diperkotaan dengan banyaknya warga dari desa yang kembali ke kota membawa saudara atau kerabatnya sehingga menambah penduduk di kota," kata dia.

Seraya menambahkan, bahwa saat ini perhatian pemerintah pusat dan daerah terhadap desa sudah bagus. Pemprov Jabar sendiri kan memiliki program untuk memperdayakan masyarakat di pedesaan kemudian ada juga dana desa . (sein).
×
Berita Terbaru Update