Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cari Informasi Kereta Cepat Jakarta –Bandung, DPRD Jabar Bentuk Tim Lintas Komisi

Rabu, 02 Agustus 2017 | 23:20 WIB Last Updated 2017-08-05T16:24:14Z

JABAR, FAKTABANDUNGRAYA.COM,--DPRD Provinsi Jawa Barat akan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Selama ini, warga banyak yang mengeluhkan dampak pembangunan tersebut.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Haris Yuliana mengatakan, sampai saat ini DPRD Jawa Barat tidak dilibatkan dalam pembangunan proyek nasional tersebut. Bahkan dapat dikatakan tidak ada koordinasi sama sekali dengan kita. Namun, pihaknya telah menerima laporan dari sejumlah warga yang tinggal di kawasan yang rencananya dibebaskan untuk proyek tersebut.

Terkait laporan dan keresahan masyarakat, DPRD Jabar akan mengutus tim yang terdiri dari Komisi I, IV, dan V untuk mencari informasi dan menampung keluhan permasalahan dari masyarakat Jawa Barat. Selama ini diketahui, rencananya rute kereta cepat tersebut akan melintasi dan membangun sejumlah stasiun di beberapa titik di Jawa Barat, kata Haris Yuliana di Bandung, Rabu (02/08).

"Kami akan menampung keluhan masyarakat dan menyampaikannya kepada pemerintah pusat. Jangan sampai masyarakat kebingungan, dan akhirnya malah dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak," kata Haris.

Keresahan yang muncul di masyarakat, di antaranya adalah kejelasan lokasi dan tahapan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan proyek kereta cepat. Jangan sampai pemerintah kabupaten/kota dan provinsi terkesan lepas tangan dengan rencana pembangunan tersebut.

"Itu memang proyek nasional, dikerjakan pemerintah pusat. Tapi masyarakat ini kan masyarakat Jawa Barat. Sementara ini, masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh kabar-kabar yang belum jelas," kata Haris yang mengisyaratkan masyarakat menghadiri rangkaian sosialisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai kereta cepat tersebut.

Haris mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan kereta cepat ini karena dinilai akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Diharapkan, kawasan yang dilalui rute kereta cepat dan dibangunkan stasiunnya akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang juga cepat.

"Kami harap kereta cepat ini akan membuat masyarakat sekitarnya sejahtera, jangan sampai hanya menjadi penonton. Makanya, dibutuhkan juga sosialisasi dan pelatihan supaya masyarakat sekitar dilibatkan dalam proses pembangunan atau operasional kereta cepat ini," tandasnya. (hms/sein).
×
Berita Terbaru Update