HUT RI 72. Kodam Siliwangi Gelar Doa Bersama 171717

BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,- Dalam rangka merayakan HUT RI yang ke-72 tahun Kodam III/ Siliwangi akan menggelar kegiatan TNI doa bersama lintas agama. Dengan tajuk "17.17.17/ 1jam Bersatu Dalam Doa" merupakan inisiasi dan gagasan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Yang akan digelar oleh seluruh kesatuan TNI mulai dari tingkat Kodam, Korem, Kodim hingga Koramil. 

Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan doa bersama yang akan dilakukan serentak diseluruh Indonesia.

Disela sela persiapan pelaksanaan, Selasa (15/8), Kodam III/ Siliwangi melalui Kapendam Letkol. Arh. M. Desi Ariyanto mengutarakan bahwa sesuai arahan Panglima TNI dalam gelaran doa bersama pada hari kemerdekaan nanti, Kodam III Siliwangi bersama para Muspida Jabar, Pemuka Agama serta masyarakat Jawa Barat siap menggelar kegiatan tersebut. "Kami, (Kodam III Siliwangi) bersama rakyat serta Muspida Jabar siap melaksanakan kegiatan ini sesuai arahan Panglima", ujar Desi.
M. Desi Ariyanto juga menerangkan dalam pelaksanaan Kodam III Siliwangi akan membagi dan memusatkan kegiatan ini di tiga tempat berbeda yang disesuaikan menurut tempat peribadatan pemeluk agama masing-masing. Bagi pemeluk agama Islam kegiatan akan dilaksanakan di Masjid Raya/ Alun-alun Kota Bandung, GKI Anugerah jl. Jend. Sudirman bagi Umat Kristiani; Sementara Pura Puser Dayeuh diperuntukkan bagi Umat Hindu.

Masih lanjut Desi Ariyanto, sesuai tema kegiatan "17.17.17/1 Jam Bersatu Dalam Doa" ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 17 pukul 17:00 Wib, agar mudah diingat dan menjadi momentum kesamaan rasa dalam mengisi kemerdekaan.

Selain itu kegiatan ini memiliki empat nilai yang menjadi tujuan dalam memaknai hari kemerdekaan. Pertama, ini adalah bentuk refleksi dalam perwujudan pengamalan Pancasila sila pertama bahwa sebagai bangsa yang memiliki sikap patuh dan taat melalui berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Kedua, ini adalah doa sebagai bentuk syukur dan rasa terimakasih kepada para pahlawan terdahulu yang berjuang dan rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia; Ketiga, memohon kepada Tuhan yang maha kuasa untuk melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang dapat memecah belah dan disintegrasi; Keempat, semoga melalui doa bersama ini dapat memupuk kembali indahnya menunjukan kasih sayang dengan saling mendoakan satu sama lainnya.

Desi Ariyanto juga mengajak masyarakat Jawa Barat khususnya warga Kota Bandung untuk ikut bergabung dalam kegiatan "1 Jam Doa Bersama" di masing tempat yang telah disediakan. "Bagi masyarakat yang ingin ikut dalam kegiatan ini diharapkan menggunakan pakaian serba putih dengan ikat merah putih di kepala, ini sebagai bentuk persamaan dan kita". Pungkasnya. (yad)

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar