Keindahan Alam Kawasan Geopark Ciletuh Bak Hamparan “Surgawi”

Hj.Ida Hernida, Kadisparbud Jabar
JABAR, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mempromosikan keberadaan dan keunggulan kawasan Geopark Ciletuh baik tingkat Nasional maupun Internasional kepada para wisatawan. Hal ini sangat penting, menjelang ditetapkannya Geopark Ciletuh sebagai Geopark Dunia oleh UNESCO pada bulan September mendatang agar tingkat Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara terus meningkat.

Untuk itu, menurut Kepala Dinas Periwisata dan kebudayaan Provinsi Jabar, Hj.Ida Hernida, sejak tahun 2015 lalu, Pemprov Jabar melalui Disparbud telah dilakukan berbagai rangkaian kegiatan yang bertujuan mensosialisasikan/ mempromosikan kunggulan dan keindahan kawasan Geopark Ciletuh. Bahkan di tahun 2017 ini, kita menggelar Festival Seni Budaya Geopark Ciletuh di tiga tempat.

Ke tiga tempat tersebut, yaitu pada Minggu, 27 Agustus akan digelar di GOR Venue Tinju Pelabuhanratu Kab Sukabumi; Kegiatan kedua, pada Minggu 24 September 2017 di Pantai Palangpang Kab Sukabumi dan ketiga, pada Minggu 29 Oktober 2017 di Pantai Ujung Genteng Kab Sukabumi, jelas Ida saat ditemui di kantor Disparbud Jabar, Rabu, (23/08).

Ida juga mengungkapan, bahwa di kawasan Ciletuh ada sebanyak 48 pelaku seni-budaya, untuk itu dalam rangka mendorong pelaku seni budaya Ciletuh agar tetap eksis dan berkembang, maka Pemprov Jabar telah melakukan pembinaan dan pelatihan, termasuk juga memberikan stimulus anggaran untuk membeli peralatan. Bahkan kita juga membantu memperbaiki sanggar sebi-budaya masyarakat Ciletuh.

Dengan demikian kita berharap agar pelaku seni-budaya Ciletuh semakin maju dan bisa tampil disetiap event Celetuh yang ditonton langsung oleh setiap turis-turis yang datang ke kawasan Geopark Ciletuh.

Adapun terkait stategis marketing agar wisatawan tertarik datang ke Ciletuh, menurut Ida, bahwa Disbudpar Jabar bersama Kab. Sukabumi terus melakukan sosialisasi, mempromosikan Geopark Ciletuh baik melalui Media Cetak, Elektronik, Media Onlibe maupun Medsos. Bahkan diberbagai kesempatan, kami selalui mempromosikan Ciletuh, baik dalam pertemuan tingkat nasional maupun lantas provinsi/ dan Kabupaten/kota.

Selain itu, untuk menambah daya Tarik wisatawan, tentunya perlu didukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang memadai.

Alhamdulillah, pak Gubernur dan DPRD Jabar, dalam dua tahun anggaran 2016 dan 2017, cukup besar menganggarkan dana untuk memperbaiki infrastruktur jalan menuju kawasan Geopark Ciletuh. Karena walau bagimanapun, dukungan infrastruktur sangat penting dalam mendukung kemudahan dan kenyamanan wisatawan untuk mendatangi objek wisata.

Dan yang tidak kalah pentingya juga dukungan akomodasi dan kuliner. Kita ingin, para wisatawan yang datang ke Ciluteh, dapat menikmati keindahan alam, tidur nyaman, makan/kuliner khas cileuh tersedia, cindramata. Sehingga apabila mereka pulang ke tempat masing-masing berkesan dan dapat bercerita ke teman, saudara dan kerabatnya.

Kalau wisatawan puas senang dan nyaman selama stay di Ciletuh dengan indahan Pantai, Gunung, Curug, Sawah yang dapat dilihat dalam satu pandangan. Itu hanya terdapat di kawasan Geopark Ciletuh yang dikatakan Pak Gubernur dan Wagub, bahwa kawasan Geopark Ciletuh bak “Hamparan Surgawi”.

Kelebihan dan keunggulan kawasan Geopark Ciletuh, telah cukup sering diputar di Eropa, Amerika dan Asia, baik dari film yang kita berikan maupun wisatawan yang langsung merekam sendiri sewaktu berada di Ciletuh.

Ida juga mengungkapkan, bahwa sudah cukup banyak para investor tertarik untuk berinvestasi di kawasan Cilatuh, namun sampai sejauh ini, pemprov Jabar masih mempertimbangkan, karena kita ingin keindahan alam dan kelestarian alam kawasan Cileteh harus tetap terjaga dengan baik.

Kawasan Geopark Ciletuh sebagai ODTW baru, tentunya dapat menjadi magnet menarik wisatawan sehingga PAD dari sector kepariwisataan dapat meningkat, hatapnya. (sein).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar