Menuju Jabar 1, Parpol Saling Jajaki Samakan Persepsi Untuk Berkoalisi

JABAR, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Menjelang perhelatan Pemilihan Gubenur/ Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang, ada enam (6) Partai Politik melakukan pertemuan di Hotel Horison Bandung, Senin (21/08) malam.

Pertemuan para pengurus Parpol tingkat Jabar tersebut, digagas oleh DPW PPP Jabar, yang bertujuan untuk saling menjajaki berkoalisi sekaligus menyamakan persepsi dan kesepahaman untuk Jabar yang lebih baik dan maju lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPW PPP Jabar Ade Munawaroh Yasin selaku juru bicara, memperkenalkan para pimpinan Parpol yang hadir, terdiri dari : Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Sulanjana; Plt Ketua DPW PAN Jabar Hasbullah, Ketua DPD Partai Gerindra Mulyadi; Wakil Ketua DPW PKB Jabar Hendra dan Ketua Bappilu Partai Hanura Jabar Budi Hermansyah.

Menurut Ade M Yasin mengatakan, semula kita rencanakan pertemuan dengan PPP, Demokrat, PAN, PKB. Namun, Alhamdulillah, pertemuan kali ini dihadiri juga Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Mulyadi dan Perwakilan dari Partai Hanura, Budi Hermansyah.

Ade juga mengungkapkan, pertemuan kali ini, menandakan bahwa masih cukup mencairnya suhu politik di Jabar dalam menghadapi Pilgub Jabar 2018.

"Pertemuan ini selain untuk saling menjajaki kemungkinan berkolali, juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan kesepahaman untuk Jabar yang lebih baik. Kesepahaman hari ini bukan untuk menentukan calon, tetapi parpol yang merupakan ruh koalisi," kata Ade M Yasin.

Hasil pertemuan malam ini, baru sebatas secara lisan dan merupakan aspirasi di tingkat pimpinan di Jabar. Untuk itu, tentunya akan ditindak lanjuti dengan beberapa pertemuan kedepan, setelah itu, nanti baru kami laporkan kepada pimpinan masing-masing (DPP).

Selanjutnya, setelah mendapat persetujuan dari DPP Parpol masing-masing, untuk berkoalasi barulah kita rancang draf kesepahaman, ujarnya.

Senada dengan Ketua DPW PPP Jabar, Ketua DPD Demokrat Iwan Sulandjana menyambut baik peluang pembentukan koalisi “Poros Tengah”. Iwan mengatakan, berhubung Partai Demokrat, PPP, PAN, PKB, tidak bisa mengusung sendiri kecuali PDIP, jadi harus koalisi.

“Alhamdulillah ada empat partai yang akan bersama-sama di Pilgub Jabar," jelas dia.

Pertemuan kali ini memang memfokuskan kepada kesepahaman dan menjalankan marwah masing-masing partai. Sementara untuk calon, diserahkan kepada masing-masing Parpol pengusung, jadi kita belum membicarakan calon, ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra, Mulyadi mengatakan, kehadiriannya dalam pertemuan ini, sebagai Ketua DPD bukan pribadi. Walaupun, kabar yang telah beredar di Media massa, PKS-Gerindra akan berkoalisi mengusung Deddy Mizwar-A.Syaikhu, itu baru sebatas lisan belum ada hitam diatas putih. Jadi prinsipnya, sebelum dinyatakan sah oleh KPU Jabar, kemungkinan berkoalisi masih terbuka, ujarnya.

Selain itu, koalisi bukan hanya sebatas untuk Pilgub semata, masih ada 16 Pilkda Serentak yang perlu kita bicarakan untuk berkualisi, tandasnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut beberapa anggota DPRD Jabar yang juga pengurus Parpol, diantaranya, Yusuf Puadz, Lucky dan Pepep S.Hidayat dari PPP, Herry Darmawan dan Hasbullah (PAN), (sein).




Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar