Perayaan Hari Jadi Kota Bandung ke-207, Diprediksi Meriah

Kantor Pemkot Bandung (foto:istimewah)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Sekretaris Panitia Tetap (Pantap) Hari Besar Nasional dan Hari Jadi Kota Bandung, Tatang Muhtar, memprediksi rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) Ke-207 akan berlangsung lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang proaktif meskipun pelaksanaannya masih beberapa minggu lagi.

Menurut Tatang Muhtar, antusiasme masyarakat menjelang peringatan HJKB ke 207 ini sangat luar biasa. Dulu panitia harus terlebih dahulu gencar melakukan publikasi sampai akhirnya masyarakat turut serta memeriahkan serangkaian acaranya. Sekarang dengan publikasi yang tidak terlalu gencar, masyarakat sudah banyak bertanya dan menunjukkan kesiapannya untuk memeriahkan acara pada saatnya nanti.

“Kami juga melihat waktu kemarin kegiatan karnaval kemerdekaan, Pantap menerima informasinya dalam waktu relatif singkat, tetapi animo masyarakat luar biasa. Semoga pada peringatan HJKB ke-207 nanti pun bisa lebih meriah lagi. Insya alloh pelaksanaannya akan lebih bagus,” ungkapnya saat ditemui di Bandung Planning Gallery, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (28/8).

Tatang yang juga merupakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bandung tersebut melanjutkan, HJKB ke-207 mengangkat tema “Dengan semangat Hari Jadi Kota Bandung ke-207, kita tingkatkan semangat kerja bersama menuju Bandung Juara.

Sebelum sampai pada pelaksanaannya nanti, terlebih dahulu Pantap menyebarkan edaran walikota Bandung mengenai pemasangan simbol di pohon pelindung dan umbul-umbul yang ditandai dengan warna kota Bandung yakni Hijau, Kuning, dan Biru. Saat ini simbol sudah dipasang di pohon-pohon pelindung oleh sebagian unsur kewilayahan.

”Rangkaian peringatan HJKB akan terbagi dalam dua kegiatan besar yakni kegiatan pokok dan tambahan. Kegiatan pokok akan berlangsung dari tanggal 21 – 25 September 2017 mendatang,” sambungnya.

Kegiatan pokok tersebut, kata dia, diawali ziarah ke makam leluhur berlanjut dengan rekaman sambutan pidato walikota Bandung pada HJKB yang kemudian akan disiarkan radio RRI dan beberapa TV lokal. Upacara puncak peringatan HJKB akan berlangsung Hari Senin 25 September yang semua pesertanya mengenakan baju adat. Setelah itu dilanjutkan ke DPRD untuk sidang istimewa dalam rangka HJKB.

Tatang menambahkan, kegiatan tambahan peringatan HJKB diselenggarakan dalam rangka memberi suguhan bagi masyarakat dengan serangkaian kegiatan di antaranya ada Pabaru sunda, Bandung Great Sale, Bandung Air Show, Nikah Massal oleh Ikatan Petugas Sosial Masyarakat di bawah Dinas Sosial, Pentas Seni Budaya oleh IPSM.

“Sebagai penutup, ada kegiatan light festival yakni iring-iringan kendaraan hias dengan tema yang masih dikoordinasikan terlebih dahulu. Informasi awal temanya under the sea,kami masih harus sounding dulu untuk mendapat arahan dari pak Walikota,” bebernya.

Tatang pun meminta dukungan kepada masyarakat agar pada peringatan HJKB ke-207 bisa berjalan baik karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan masyarakat, adapun pemerintah hanya memfasilitasi.

“Namun yang lebih penting dari itu adalah bagaimana mendalami makna di balik peringatan tersebut. Kalau HUT RI untuk meningkatkan semangat kebangsaan pada diri kita semua. Melalui HJKB, mari kita bersama-sama meningkatkan kecintaan kepada kebudayaan kita, budaya Sunda yang notabene sangat unik, karena kalau bukan oleh kita, oleh siapa lagi?” pungkasnya. (rls/red).



Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar