Jelang HJBK 207, Wali kota Bandung Ridwan Kamil Ziarah Ke Makam Leluhur Bandung

Ziarah ke makam leluhur Bandung, (foto: humas)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Menjelang peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama Wakil Walikota Oded M. Danail melakukan ziarah ke makam-makam leluhur pendiri Kota Bandung. Hal ini sebagai dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa dan perjuangan para pendiri Kota Bandung.

Ada empat lokasi yang biasa dikunjungi, yakni di Jalan Dalem Kaum, Jalan Karanganyar, Dayeuh Kolot Kab. Bandung, dan Kabupaten Garut.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial melaksanakan ziarah ke lokasi makam di Jalan Dalem Kaum dan Jalan Karanganyar, pada Rabu (20/09). Sedangkan agenda di Dayeuh Kabupaten Bandung dilanjutkan oleh rombongan ziarah perwakilan SKPD Pemerintah Kota Bandung. Sementara makam Bupati Bandung yang terletak di Kabupaten Garut terpaksa tidak bisa diziarahi karena terkendala perbaikan jalan di jalur menuju lokasi.

Walikota didampingi istri , Wakil Walikota dan para pimpinan SKPD berangkat dari Pendopo Kota Bandung, Ridwan beserta jajaran berjalan kaki melewati Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat menuju Makam Dalem Kaum. Di sanalah terbaring jasad Bupati Bandung ke VI (1794-1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI, atau yang lebih dikenal dengan julukan Dalem Kaum selaku pendiri Kota Bandung.

Sesampainya di sana, Ridwan berpesan agar senantiasa mengingat jasa-jasa yang ditorehkan oleh para pendiri Bandung. “Kita bisa eksis hari ini karena ada kerja keras dari para pendahulu,” ujar Ridwan.

Ia pun lantas memanjatkan doa untuk arwah para leluhur dilanjutkan dengan tabur bunga oleh Ridwan dan Oded. Usai melaksanakan tabur bunga, keduanya menyerahkan sembako kepada para penjaga makam.

Rombongan ziarah lantas melanjutkan perjalanan menuju situs Makam Para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, tidak jauh dari lokasi pertama. Sesi doa dan tabur bunga oleh Ridwan dan Oded juga dilakukan di tempat tersebut. Di lokasi kedua ini merupakan makam Bupati Bandung pertama, Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641-1709). Di sini pula terbaring jasad Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Usai berziarah di Karanganyar, Ridwan dan Oded kembali melanjutkan agenda kedinasan, sementara rombongan ziarah lalu berangkat ke Dayeuh Kolot, tempat Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah dan Rd. Tumenggung Anggadireja I dimakamkan. Rd. Ardikusumah lebih dikenal dengan nama Demang Timbanganten, sedangkan Rd Tumenggung Anggadireja I diberi julukan Dalem Gordah.

Hari Jadi Kota Bandung akan jatuh pada tanggal 25 September 2017. Di tanggal tersebut, 207 tahun lalu, adalah penetapan berpindahnya ibu kota Bandung dari Dayeuh Kolot ke Alun-Alun Bandung yang sekarang oleh pemerintahan Hindia Belanda. Guna memperingati peristiwa tersebut, Kota Bandung setiap tahun menggelar berbagai acara yang meriah dengan berbagai kegiatan festival.(hms/red).



Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar