Banyak Toilet-WC di Disdik Jabar Tidak Berfungsi

BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,--- Banyak pengunjung mengeluhkan dan menyayangkan kondisi Toilet dilingkungan kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam kondisi memprihatinkan, selain bau pesing, ada rusak/ tidak dapat dipakai, lampu tidak ada/ gelap dan bahkan ada Toilet yang dijadikan tempat penyimpanan barang bekas.

Salah seorang pengunjung , Ely (Guru dari Kab Bandung Barat) sempat kaget ketika masuk toilet di samping Gedung Serbaguna Disdik Jabar, hendak buang air kecil, dengan kondisi toilet yang bau pesing dan tidak ada lampu.

Melihat kondisi toilet tersebut, Ely keluar lagi dan pindah ke toilet dekat dibawah tangga naik ke ruang Aula Bidang SMK, namun, lagi-lagi Ely kaget, karena saat masuk toilet, ternyata disalah satu sudut toilet, tertumpuk barang-barang bekas, dan bahkan lagi-lagi tercium bau pesing dari toilet pria.

“ berhubung saya sudah tidak kuat lagi menahan untuk buang air kecil, dengan terpaksa saya buang air kecil sambil tutup hidung”, ujar Elly mengungkapkan keluhannya kepada faktabandungraya.com saat ditemui di lingkungan Disdik Jabar, Rabu (08/11).

Sementara itu, hal sanada juga dikeluhkan oleh Yanto, dari SMA Swasta -Subang  yang mengurus pendataan Dapodik ke Disdik Jabar.

Saya tidak menyangka sama sekali kalau kondisi fisik toilet di Disdik Jabar banyak yang tidak berfungsi, padahal kebersihan toilet mencerminkan kebersihan. Padahal, saya melihat cukup banyak cleaning servis di sini. Tapi kenapa, kebersihan toilet tidak diperhatikan, keluh Yanto.

Adanya keluhan dari para pengunjung Disdik Jabar, faktabandungraya.com mencoba membuktikan sendiri, hasilnya, apa yang dikeluhkan para pengunjung benar adanya. Bahkan berdasarkan hasil pemantauan faktabandungraya.com, di tiga lokasi toilet yaitu di samping gedung Serbaguna, di bawah tangga aula Bidang SMK, dan disamping parker motor, memang ditemukan adanya toilet yang rusak.
Toilet di samping aula Serbaguna, ditempel… tulisan : “ Maaf yang ini jangan dibuka RUSAK” dan Toilet disebelahnya gelap/ tidak ada lampu. Sedangkan dibawah tangga aula bidang SMK, memang bertumpukbarang-barang bekas, dan toilet pria bau pesing, sedangkan WC nya tidak ada lampu. Sementara toilet didekat parkir motor yang belum lama direnovasi dari tiga Toilet/WC hanya satu yang bisa dipakai dua sudah rusak.

Terkait keluhan pengunjung dan hasil pemantau faktabandungraya.com, ketika hal ini dikonfirmasikan ke bagian Umum dan Kepegawaian Disdik Jabar, menurut salah seorang staf mengatakan, bahwa pak Kasubag Mulyana lagi keluar ruangan. Namun saat di hubungi via telp selulernya, ternyata sedang tidak aktif.

Seharusnya Dinas Pendidikan Jabar memperhatikan kebersihan dan fungsi toilet, karena sangat tidak mungkin tidak ada anggaran untuk pemeliharaan kebersihan Toilet, karena Dinas Pendidikan Jabar mendapatkan anggaran terbesar dari APBD Jabar belum lagi anggaran dari APBN. Mudah-mudahan pihak Disdik Jabar, memperhatikan dan memperbaikan kondisi toilet agar berfungsi semua, dan tidak lagi dikeluhkan oleh pengunjung Disdik Jabar,. (sein).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar