Bawaslu Jabar Siap Luncurkan Pusat Pengawasan Partisipatif Masyarakat & Media Center

JABAR, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jabar dan Pilkada Serentak 2018, Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Provinsi Jawa Barat akan meluncurkan Pusat Pengawasan Partisipatif Masyarakat dan Media Center. Hal ini, penting untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilgub dan Pelkada Serentak di Jabar, dan juga sebagai langkah antisipasi terhadap pemberitaan Hoax dan kompanye Hitam, selama menjelang, pelaksanaan dan pasca pencoblosan.

Menurut Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto, dengan diluncurkannya Pusat Pengawasan Partisipatif Masyarakat dan Media Center Bawaslu, kita harapkan agar optimalisasi peran dan fungsi masyarakat dalam Pemilu, dapat menyampaikan perihal yang terjadi dilapangan, sehingga segala pelanggaran sekecil apapun sampai dan diketahui oleh Bawaslu Jabar maupun Panwaslu Kabupaten/kota di Jabar untuk ditindak lanjut.

Selain itu, kita juga akan mengaktifkan kembali Media Center Bawaslu, karena keberadaan Media Center sangat dibutuhkan bagi rekan-rekan wartawan, untuk mendukung kelancaran tugas journalist. Sehingga, diharapkan berita yang dipublikasikan adalah berita yang benar dan sesuai dengan fakta, dan dapat menangkal berita-berita Hoax.

Hal ini dikatakan Harminus Koto dalam acara prescon Bawaslu di Hotel Royal Panghegar Bandung, Rabu, (08/11).

Dikatakan, kita ingin selama pelaksanaan Pilgub dan Pilkada Serentak 2018 di Jabar, dapat berjalan lancar, sukses dan tanpa pelanggaran. Pelanggaran yang pernah terjadi pada Pilkada 2015 dan Pilkada 2017 lalu, mudah-mudahan tidak terulang kembali di Pilgub dan Pilkada 2018 mendatang, harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pimred Pikiran Rakyat Rahim A Fajar mengatakan, rekan-rekan media dilapangan lebih paham apa yang diinginkan, untuk itu, Media Center sebagai pusat informasi dan data kegiatan harus memiliki 3 paling yaitu Paling Lengkap Informasi: Paling Cepat dan Paling Kridibel.

Untuk Paling Lengkap Informasi harus menyediakan semua perundang-undangan yang berkaitan dengan Pilkada, No kontak Komisioner bawaslu dan Panwaslu Kan/kota. Sedangkan untuk Paling Cepat, Media Center data menyajikan data dan foto kegiatan; Sementara untuk Paling Kredibel, seharusnya Bawaslu menunjuk Juru Bicara yang diberikan kewenangan dalam memberikan informasi kepada wartawan, sehingga wartawan tidak perlu lagi menghubungi komisioner bawaslu.

Sementara itu, terkait keberadaan Situs/ Website Bawaslu Jabar yang ada ssat ini kontennya masih sangat terbatas, isi beritanya lebih menonjolkan aktifitas Bawaslu, yang dinilai oleh rekan-rekan media, bukan untuk komsumsi public. Sehingga Website Bawaslu kurang menarik bagi rekan-rekan media.

Rekan-rekan berharap, agar pihak Bawaslu dapat menyedia ruangan khusus untuk Media Center, yang didukung dengan fasilitas yang memadai untuk kepentingan rekan-rekan media dalam membuat berita.

Menanggapi saran dan masukan dari rekan-rekan media, Harminus Koto mengatakan, isnya Allah, Bawaslu Jabar akan berupaya mendukung dan menyiapkan ruangan khusus untuk Media Center, termasuk computer dan jaringan internetnya, demi suksesnya Pilgub dan Pilkada Serentak 2018 di jabar, tandasnya. (sein).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar