Pemprov Jabar Raih Anugerah Pandu Negeri 2017 Dari IIPG

BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meraih Anugerah Pandu Negeri 2017 sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja dan tatakelola sangat baik yang diberikan oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG). Anugerah penghargaan Pandu Negeri 2017 diberikan secara langsung oleh Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec selaku Majelis Pengarah serta Menteri Dalam Negeri kepada pemerintah daerah. penerima penghargaan.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerjasama Prov. Jabar Taufiq Budi Santoso yang menerima penghargaan mewakili Gubernur Jabar di Financial Hall, Financial Club, Graha CIMB Niaga lantai 2, Jakarta, Jumat (10/11/2017), mengatakan penghargaan yang diterima ini merupakan penghargaan ketiga yang telah diraih dalam kurun waktu tahun 2017 terkait kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pada Bulan April 2017, Jawa Barat juga telah mendapatkan penghargaan prestasi kinerja tertinggi dari Menteri Dalam Negeri atas capaian kinerja pelaksanaan pemerintahan daerah tahun 2016. Pada Bulan Mei 2017, Jawa Barat juga berhasil meraih penghargaan pada ajang Inews Maker Award sebagai Provinsi dengan kinerja terbaik.

“Keseluruhan penghargaan tersebut adalah bentuk pengakuan dari masyarakat atas kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Jawa Barat. Oleh karenanya, anugerah berbagai penghargaan yang telah diberikan tersebut menjadi penanda bagi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dalam mencapai kesejahteraan yang lebih baik,” katanya di Bandung, Selasa (14/11).

Lebih lanjut, katanya, Penghargaan Pandu Negeri 2017 yang dianugerahkan bertepatan dengan Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember mengantarkan pesan akan nilai-nilai keteladanan, menjadi pelopor dalam pembangunan daerah melalui berbagai inovasi yang membawa kebaruan, serta menjadi pendorong dalam meningkatkan kapasitas tatakelola pemerintahan di daerah.

Anugerah Pandu Negeri 2017 merupakan ajang pemberian penghargaan dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) kepada pemerintah provinsi, Kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tatakelola pemerintahan darah.

Anugerah Pandu Negeri 2017 diberikan setelah melalui serangkaian proses seleksi dengan tiga tahap penilaian, yaitu aspek tata kelola keuangan; aspek tata kelola pemerintahan, pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia; serta aspek breakthrough result dan antikorupsi. Penilaian dilakukan oleh tujuh anggota Komite Penilai dan lima anggota Dewan Juri terhadap Periode penyelenggaraan pemerintahan daerah se-Indonesia (34 Provinsi, 415 Kabupaten, satu Kabupaten Administrasi, 93 Kota, serta lima Kota Administrasi ) dalam kurun waktu tahun 2014 s.d. tahun 2016.

Dari empat katagori penghargaan yang diberikan, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan katagori pemerintah daerah Provinsi dengan kinerja Tata Kelola SANGAT BAIK bersama-sama dengan Provinsi Bali, Provinsi DIY, Nusa Tenggara Barat, serta 10 Kabupaten/kota di Indonesia. Kota Sukabumi merupakan Kota di Jawa Barat yang meraih penghargaan katagori dengan kinerja tata kelola SANGAT BAIK.

Anugerah Pandu Negeri 2017 merupakan penghargaan pertama yang diberikan IIPG kepada Pemerintah Daerah serta ke depan akan menjadi agenda tahunan. Melalui penghargaan Anugerah Pandu Negeri diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas tatakelola pemerintahan secara lebih baik. (hms/red)




Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar