Cukup Aneh, Surat Jawaban Konfirmasi Disdik Jabar “Hilang Tanpa Jejak”

Kantor Disdik Jabar, (foto: istimewah)
 BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, mengakui bahwa surat jawaban yang telah ditanda tangani Kadisdik Jabar Dr.Ir.H. Ahmad Hadai, M.Si tertanggal 30 Nopember 2017, yang dikeluarkan pada 5 Desember 2017 hilang tanpa jejak. Menurut, Staf TU Pimpinan Rendi.D, bahwa surat jawaban konfirmasi memang sudah ditanda tangani oleh Kadisdik dan telah di masukan di box /loker untuk masing-masing unit kerja/ bagian, namun nyatanya surat tersebut tidak ada.

Menurut Rendi, semua surat-surat keluar yang sudah ditanda tangani oleh Kadis ataupun Sekdis, biasanya di simpan di Box Surat Keluar, termasuk juga surat jawaban konfirmasi untuk Fakta Jabar/ www.faktabandungraya.com. Nanti bagian sirkulir surat yang menyampaikan ke unit kerja/bagian terkait dengan terlebih dahulu diberikan nomor surat keluar oleh bagian umum Disdik Jabar.

“Biasanya, siapapun yang mengambil surat di box /loker surat, diharuskan mengisi buku besar surat keluar, Namun, khusus surat untuk Fakta Jabar/ www.faktabandungraya.com ternyata sudah tidak ada di box/loker surat keluar, dan saat di ceck di buku besar keluar, tidak ada yang mengambil”, jelas Rendi kepada wartawan Fakta Jabar/ faktabandungraya.com saat ditemui di kantor Disdik Jabar, Jalan Dr. Radjiman No 6 Bandung, Rabu, (20/12).
Rendi D, menulis surat pernyataan yg
mengakui bahwa Surat Jawaban Konfirmasi
yg sdh ditandatangani Kadisdik Jabar,"HILANG"

Terkait hilangnya surat jawaban konfirmasi tersebut, Rendi sempat menyelusuri ke Bagian Umum (unit surat-menyurat) dan ke bagian Pendidikan Menengah Kejuaruan (PMK). Namun, di bagian umum ternyata surat jawaban konfirmasi yang sudah ditanda tangani oleh Kadisdik belum diregistrasi/ belum di beri nomor surat keluar. Sedangkan, di bagian PMK, tidak merasa mengambil surat tersebut.

Atas hilangnya surat tersebut, Rendi juga membuat pernyataan dan ditanda tangani, yang isinya sebagai berikut :” saya Rendi menyatakan bahwa surat dari Fakta Jabar terkait konfirmasi jawaban sudah di ttd Pa kadis hilang atau terselip, sehingga belum bisa ditemukan. Maka dibila ditemukan surat serupa dengan tidak disertai arsip dari persuratan maka dianggap palsu”.

Sementara itu, menurut staf PMK Yenny, mengatakan, sudah bukan hal baru kalau cukup sering-surat-surat hilang di TU.Pimpinan. Bahkan kita, cukup sering membuat surat ulang kembali gara-gara, keteledoran staf TU.Pimpinan.

Bahkan Yenny mengakui, bahwa surat yang dikirim ke TU.Pimpinan tidak pernah memakai bukti/ tanda terima hanya cukup di foto menggunakan ponsel saja, ujarnya.

Adapun terkait hilangnya surat jawaban konfirmasi dari Kadisdik Jabar, baik Rendi maupun Yenny mengatakan, siap membuat surat jawaban ulang.

Hilangnya, surat resmi yang telah ditandatangani oleh Kadisdik Jabar, perlu menjadi perhatian oleh manajemen Disdik Jabar, dimana surat-surat yang ditanda tangani oleh Kadis maupun Sekdis merupakan surat resmi atas nama lembaga Dinas Pendidikan Jabar. Selain itu, dikhawatirkan surat-surat yang hilang tersebut bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. (ari/sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.