Jokowi : Januari 2018, Pemerintah Pusat Lakukan Revitalisasi Sungai Citarum

BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM – Presiden Joko Widodo mengatakan, pada pertengahan Januari 2018, pemerintah pusat akan mulai melakukan revitalisasi Sungai dan Lingkungan Citarum secara menyeluruh mulai dari hulu hingga ke hilir.

"Dari informasi yang saya terima, data yang saya terima. Betul, sungai Citarum sudah menjadi sungai yang sangat kotor, polusi dari pabrik masuk semua ke sana. Saya juga mendapatkan informasi, beberapa bakteri sudah muncul di sana," . Hal ini dikatakan Jokowi dalam acara HUT Angkatan Muda siliwangi (AMS) ke-51 di Gedung Merdeka, jalan Asia-Afrika, Kamis 928/12).

Turut hadir Gubernur Jabar ahmad Heryawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil ungkap Jokowi.

Tak ingin, pencemaran Sungai Citarum dan anak-anak sungai Citarum terutama yang teraliri limbah pabrik terus berlanjut, Jokowi bertekad agar Citarum bisa kembali bersih dan lestari seperti zaman dahulu kala. Karena Ia menyadari Citarum memiliki peranan besar untuk kehidupan masyarakat.

Kerusakan dan pencemaran Citarum tentunya sangat tidak baik untuk pertanian di hulu dan hilir. Kemudian juga tidak bagus untuk penduduk yang memanfatkan Citarum untuk air bersih, terutama penduduk yang ada di Jakarta. Ini karena mengambil airnya hampir seluruhnya dari sungai Citarum," katanya.

"Insya Allah pertengahan Januari ini, baik berupa rehabilitasi lahan yang berada di hulu maupun hal-hal yang berkaitan dengan anak sungai, juga limbah yang berasal dari pabrik-pabrik," kata Jokowi.

"Semuanya akan kita lihat menyeluruh karena kita ingin sungai ini betul-betul bermanfaat bermanfaat bagi pertanian dan air baku di Jawa Barat, sehingga Citarum bisa kembali ke sungai jaman dulu kala yang bersih," ujarnya.

Kita ingin sungai ini betul-betul bermanfaat baik bagi pertanian di Jawa Barat, baik bagi air baku di Jakarta dan juga Jawa Barat. Sehingga betul-betul Sungai Citarum akan kembali pada sungai di mana jaman dahulu kala yang bersih dan bisa nikmati untuk kehidupan sehari-hari terutama seluruh warga di Jawa Barat," tandasnya. (sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.