Pangdam Siliwangi Ajak Kembalikan Kejayaan Kopi Asli Indonesia


BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM-- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo menghimbau dan mangajak masyarakat untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia, salah satunya Kopi.

Menurut Pangdam Doni Monardo, kopi adalah salah satu rempah - rempah yang ada di Indonesia, dahulu Bangsa kita di jajah karena rempah - rempahnya. Hal ini dikatakan Pangdam Siliwangi disela-sela acara Bandung lautan kopi sebuah kegiatan yang digelar oleh Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan untuk mempopulerkan kopi khas Jawa Barat, di halaman Gedung Sate, Sabtu (23/12).

Dikatakan, tanaman kopi membawa perubahan yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khusunya di wilayah Jawa Barat dan lebih khususnya lagi Kota Bandung sebagai Kota Paris Van Java (PVJ).

Apalagi beberapa waktu yang lalu Presiden Joko Widodo sempat mencicipi kopi di sela kegiatan kerja beliau dan yang lebih penting kopi yang diminum Presiden adalah kopi asli Jawa Barat.

Diharapkan generasi muda Kota Bandung dapat lebih bersemangat agar kita tidak lagi tergantung dari Brench Internasional/Global. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Jawa Barat.

Selain tanaman kopi yang dibagikan pada acara tersebut ada juga tanaman Indigofera yang merupakan tanaman asli daerah sungai Citarum.

Pangdam berharap dengan semakin banyaknya tanaman indigofera yang ditanam oleh masyarakat dapat mengurangi pemakaian zat pewarna kimia untuk perusahaan.

Karena tanaman indigofera dapat digunakan sebagai bahan zat pewarna alami yang aman bagi lingkungan dan ekosistem sehingga tidak merusak dan mencemari sungai dan lingkungan sekitarnya. (pend/red).




Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.