Persiapkan Wartawan Profesional, PWI Pokja Kota Bandung Selenggarakan Simulasi “UKW”


BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Persatuan Wartawan Indonesia Kelompok Kerja (PWI Pokja) kota Bandung bekerjasa dengan Pemerintah Kota Bandung, menyelenggarakan Sosialisasi dan Simulasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diikuti sekitar 130 wartawan/ti dari berbagai media Cetak, Elektronik dan Media Online, bertempat di Hotel Regata Jl. Setiabudi 35 Bandung, Rabu (06/12).

Acara Sosialisasi dan Simulasi UKW mengangkat tema “Mempersiapkan Wartawan Profesional Sesuai Standar Kompetensi” yang tergabung dalam Pokja Wartawan liputan Kota Bandung, Wartawan Pokja Kejaksaan-Pengadilan-Kehakiman, Kepolisian. Bahkan ada juga dari kabupaten/kota lainnya di Jabar.

Menurut, Ketua PWI Pokja Kota Bandung Hardiansyah mengatakan. Profesi wartawan harus memenuhi dua persyaratan yaitu memahami dan memiliki kode etik serta mempunyai standar kompetensi kewartawanan melalui UKW.

Kegiatan UKW adalah upaya sistematis dari PWI Pusat dan Dewan Pers. Supaya para wartawan dapat bekerja secara Profesional. “Jadi wartawan itu, memang diharuskan memiliki kompetensi, tentunya hal ini telah dicanangkan oleh PWI Pusat,” jelas Andi panggilan akrab Hardiansyah.

Lebih lanjut, Andi mengatakan, semua Wartawan itu diwajibkan untuk mengikuti Uji Kompetensi, namun tidak bisa dipungkiri juga, bahwa banyak wartawan menghindari untuk ikut UKW. Bahwa ada juga wartawan menganggap UKW menjadi momok baru bagi wartawan. Untuk itu, PWI Pokja Kota Bandung, berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi UKW.

Adapun materi yang diberikan kepada perserta simulasi UKW, sama dengan materi UKW, untuk itu, Kita harapkan, setelah mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi UKW ini seluruh peserta telah memiliki bekal dan ilmu untuk dapat lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan kedepannya. Sehingga, seluruh wartawan khususnya yang tergabung dalam PWI Pokja Kota Bandung, dapat menjalankan profesi wartawan yang professional, indipenden, dan netral dalam pemberitaan, harapnya.

“Insya Allah, pada bulan April tahun 2018 mendatang, PWI Pokja Kota Bandung bekerjasama dengan PWI Jabar, akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan, ujarnya.

Ditempat yang sama, Rian Andrian selaku Ketua Penyelenggara kegiatan sosialisasi dan Simulasi UKW mengucapkan terimakasih kami, kepada Pemkot Bandung dan para sponsor yang telah ikut berpartisifasi. Hingga terselenggaranya acara Sosialisasi dan Simulasi UKW 2017 ini. Pertama PT Kino Indonesia Tbk dengan minuman alami Cap Panda dan Larutan Cap Kaki Tiga dan PT OT dengan produk andalannya Tango, juga Smartfren.

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar