Sebanyak 284 Lembaga PAUD di KBB Dapat Bantuan Alat Permainan Edukasi

Ilah Karmilah Kepala Seksi PAUD Disdik KBB
KBB.FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Untuk meningkatkan kualitias Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2017 sebanyak 284 Lembaga PAUD di Kabupaten Bandung Barat (KBB), menerima bantuan berupa perlengkapan pembelajaran sekolah berupa Alat Permainan Edukasi (APE) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) danPemerintah KBB

Menurut Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan KBB, Ilah Karmilah bantuan APE tersebut berasal dari bantuan Provinsi Jabar (APBD Jabar) untuk 270 lembaga Paud di KBB dan sebanyak 14 Lembaga PAUD di KBB mendapat APE dari Disdik Kab Bandung Barat.

APE dari bantuan Gubernur berupa permainan balok, boneka, papan tulis mini. Adapun bantuan dari APBD KBB, untuk 14 lembaga Paud menerima bantuan berupa mabeler senilai Rp10 juta. Selain itu,ada juga bantuan dari Pokok Pikiran Dewan (Pokir) sekitar 15 lembaga berupa perlengkapan fasilitas sekolah seperti Rak buku dan yang lainya. Hal ini dikatakan Ilah Karmilah ketika ditemui diruang kerjanya di Pemkab KBB, Rabu (6/12).

"Kita memberikan bantuan, sesuai pengajuan profosal dari lembaga, yang selanjutnya ada pemetaan lembaga mana yang harus diprioritaskan," ujarnya.

Adapun terkait Lembaga PAUD yang berhak menerima bantuan harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sementara yang belum memiliki NPSN, tidak bisa menerima bantuan.

Lebih lanjut Ilah mengatakan, untuk mendapatkan /memiliki NPSN itu sendiri minimal sudah berdiri dua tahun dan telah memiliki izin pendirian yang disahkan oleh Dinas Pendidikan.

Bantuan ini merupakan kegiatan rutin, yang menjadi program Bupati Abubakar yang telah dicanangkan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini di Kabupaten Bandung Barat."terangnya.

Ilah juga mengungkapkan, beberapa Lembaga PAUD di KBB tekah prestasi yang didapat ditahun 2016, KBB telah meraih penghargaan bunda Paud juara kedua tingkat Provinsi Jawa barat. Dan TK Firdaus dari Kecamatan Parongpong meraih juara kesatu tingkat provinsi Jawa Barat dengan katagori kelembagaan, serta Satuan Paud Sejenis (SPS) Melati Pagerwangi juara kedua tingkat Provinsi Jawa Barat katagori kelembagaan, tenaga kependidikan TK Puspawangi juara harapan kesatu tingkat provinsi Jawa Barat.

Sedangkan ditahun 2017 ini, Kabupaten Bandung Barat mendapat penghargaan tingkat nasional atas nama Ai Nurhayati sebagai Bunda Paud dari Desa Taman Jaya Kec Gununghalu, Entin Mediani dari Desa mekarmukti Kecamatan Cihamplas, dan Rika Cece dari Desa Jayagiri Kec Lembang. dari Kelompok Bermain (Kober) Kecamatan Ngamprah meraih juara kesatu tingkat provinsi katagori kelembagaan.

Dengan keberhasilan semua ini, merupakan dorongan dan suport dari bunda paud KBB Hj Elin Abubakar yang selama ini selalu mengevaluasi keberadaan lembaga yang akan ditingkatan kualitasnya baik sarana dan prasaran, termasuk kerjasama dengan para SKPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Kearsipan, Dinas Catatan Sipil, Dinas Peternakan, BP3AKB, DPMD, Dishub,Dinas LH, Dinas PUPR dan Dinas Sosial."pungkasnya.(trs)

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar