Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jabar Raih Penghargaan Predikat Provinsi dengan Kinerja Terbaik

Selasa, 23 Mei 2017 | 11:54 WIB Last Updated 2017-05-23T04:57:29Z
Jabar raih Penghargaan Predikat Provinsi dengan Kinerja Terbaik
(foto:ist)
JAKARTA, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-  - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meraih penghargaan dalam ajang iNews Maker Award 2017. Penghargaan yang diterima Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) tersebut untuk katagori "Apresiasi Provinsi dengan Kinerja Terbaik" menerima dalam acara penganugerahan di Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta, Senin malam (22/05).
Penghargaan yang diterima tersebut merupakan penghargaan ke-226 bagi Pemprov Jawa Barat. Setelah sebelumnya, Jawa Barat juga dinobatkan sebagai Provinsi dengan Kinerja Terbaik/Tertinggi secara Nasional berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2015 oleh Kementerian Dalam Negeri.
Dalam acara ini, Aher pun mengucapkan rasa syukur atas penghargaan ini. Kata Aher, apresiasi tersebut merupakan hasil kerja keras pemerintahan yang dipimpinnya, melalui kerjasama dengan para birokrat dan para pemangku kepentingan lainnya.
"Kami akan jadikan award ini sebagai pemicu semangat yang lebih tinggi lagi, untuk bekerja keras untuk masyarakat Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya," ujar Aher usai menerima penghargaan tersebut.
Indikator utama Jawa Barat dinobatkan sebagai Provinsi dengan Kinerja Terbaik yaitu dari sisi administrasi dan pelayanan publik. Menurut iNews, Jawa Barat telah secara konsisten menerapkan sistem administrasi dengan baik, sehingga pelayanan publik bisa dilayani dengan cepat dan mudah. Selain itu, stabilitas keamanan, kehidupan masyarakat yang aman, damai, serta jauh dari kekerasan menjadi indikator lainnya.
Aher menjelaskan, ada inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang telah diterapkannya berjalan dengan sukses. Teknologi ini murni hasil karya para PNS Pemprov Jawa Barat. Seperti tiga aplikasi pelayanan publik yang baru-baru ini telah diadopsi oleh 17 Provinsi di Indonesia dan menjadi pilot project KPK dalam pencegahan tindak korupsi. Aplikasi tersebut adalah pelayanan perizinan terpadu satu pintu, aplikasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Online berbasis tunjangan perbaikan penghasilan pegawai, dan aplikasi e-Samsat.
"Tiga hal tersebut kemudian dijadikan oleh KPK sebagai program nasional. Dan uniknya adalah yang membuat semua itu adalah PNS, bukan proyek. Saya bangga dengan PNS-PNS Jawa Barat," tutur Aher.
Ajang penghargaan iNews Maker Awards 2017 ini merupakan gelaran ketiga kalinya yang dihelat oleh iNews TV. Ajang ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT iNews TV yang kedua.
 Tema “Indonesia Bangkit” dipilih dalam iNews Maker 2017, karena bertepatan dengan bulan Mei yang identik dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Dalam penilaian berperan sebagai Juri adalah Dr. Surono, Arya Sinulingga, dan Rizal Yusacc.
Dalam awarding kali ini dipersembahkan penghargaan dalam enam kategori, yaitu: Kategori Pejabat Publik, Kategori Sosial Kemasyarakatan, Kategori Profesional, Kategori Fenomenal, Kategori Olahraga, dan Kategori Lifetime Achievement.
Sementara konsep penilaiannya, mengacu setidaknya pada 1P+3K yaitu: Popularitas, dikenal luas dan terbuka, serta tidak pernah memiliki masalah dalam kegiatan profesi. Kepeloporan, memiliki pemikiran yang konstruktif dan positif dalam membangun persatuan bangsa. Konsistensi, konsisten melaksanakan etika profesi dalam kehidupan keseharian serta berdampak luas bagi masyarakat dan mendorong/mengembangkan/ menerapkan idealismenya dengan menumbuhkan budaya cinta dan bangga menggunakan produk dalam negeri. Kepakaran, prestasi melalui serangkaian karya, gagasan, ide, kegiatan serta jasa, yang telah terbukti kebenarannya bermanfaat luas bagi masyarakat secara nasional.

Sedangkan untuk metode penjaringan, maka pemilihan nominator melalui metode kualitatif dengan mempertimbangkan, sebagai berikut:
1. Analisis konten berita berdasarkan peristiwa,
2. Otentisitas peristiwa,
3. Berdasarkan fakta empiris lapangan, dan
4. Tone pemberitaan yang positif.

Selain mempersembahkan penghargaan, dalam iNews Maker Award 2017 juga memberikan  apresiasi khusus, yaitu:
1. Apresiasi Tokoh Pembangun Infrastruktur Daerah Terisolir,
2. Apresiasi Tokoh Pelopor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,
3. Apresiasi Tokoh Pembangun Daerah Indonesia Timur,
4. Apresiasi Pelopor Program Keluarga Harapan,
5. Apresiasi Lembaga Kemanusiaan Terpopuler,
6. Apresiasi Tokoh yang Menduniakan Indonesia,
7. Apresiasi Pelopor Tabungan Emas,
8. Apresiasi Kepala Daerah yang Menerapkan Smart City,
9. Apresiasi Lembaga Pelopor Pembiayaan Suku Bunga Rendah Untuk Koperasi & UKM (LPDB),
10. Apresiasi Provinsi dengan Sistem Administrasi,
11. Apresiasi Inovasi Dalam Percepatan Pelayanan Publik,
12. Apresiasi Perusahaan Pembiayaan Terbaik,
13. Apresiasi Pembaharu Program Kepemudaan, dan
14. Apresiasi Tokoh Pengembang Program Pertanian.  (hms/sein).



×
Berita Terbaru Update