Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Arus Mudik, Dinas BMPR Jabar Genjot Perbaiki 23 Ruas Jalan Provinsi

Kamis, 08 Juni 2017 | 15:45 WIB Last Updated 2017-06-11T15:05:58Z
M.Guntoro ,Kadis BMPR Jabar
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (Dinas-BMPR) kini tengah genjar memperbaiki 23 ruas jalan provinsi yang tersebar di kab/kota. Perbaikan ke 23 ruas jalan tersebut, diharapkan dapat selesai pada H-7.

Menurut Kepala Dinas BMPR Jabar Prof. H.M Guntoro, kondisi 23 ruas jalan provinsi sampai saat ini rata-rata masih dalam kondisi kemantapan dikisaran 98 %. Namun, dalam rangka menyambut arus mudik Lebaran 2017/ Idul Fitri 1438 H, tentunya kita ingin seluruh ruas jalan provinsi dalam kondisi mulus dan mantap, baik jalan uatama maupun jalan alternative.

Kita ingin, para pemudik yang akan berlebaran dikampung halaman dengan keluarga masing-masing selama dalam perjalanan dalam kondisi nyaman, aman dan selamat sampai tujuan, ujar Guntoro.

Sementara itu, menanggapi harapan DPRD Jabar melalui Komisi IV yang dikemukan oleh Wakil Ketua Komisi VI Daddy Rohanady yang menginginkan agar seluruh ruas jalan provinsi dalam kondisi mantap H-7 menjalang arus mudik lebaran 2017.

Guntoro mengatakan, pihaknya tengah memperbaiki seluruh ruas jalan provinsi, dan kita optimis seluruh ruas jalan provinsi yang akan dilalui oleh para pemudik, sudah siap dilalui dengan kondisi aman dan nyaman.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady meminta pihak Dinas BMPR Jabar, untuk dapat menyelesaikan seluruh ruas jalan provinsi sebelum dating arus mudik (H-7). Hal ini agar begitu masuk arus mudik (H-7) jalan sudah siap dilalui pemudik.

Daddy juga mengatakan, walaupun arus mudik tinggal beberapa harilagi, namun, bukan berarti pekerjaan perbaikan jalan dikerjakan secara asal-asalan. Tetap harus memperhatikan kualitas pekerjaan.

"Jadi jangan berlindung di balik 'diburu-buru' kemudian mengorbankan kualitas jalan. Kami tetap minta dipercepat pengerjaan tapi kualitas tetap dijaga," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau Pemprov Jawa Barat memperhatikan kondisi ruas jalan alternatif yang biasa digunakan oleh pemudik saat hendak pulang kampung ke kampung halamannya. Untuk itu, Daddy minta pemprov Jabar juga memperhatikan kondisi jalan alternative.

Untuk mengecek kondisi jalan yang sedang diperbaiki tersebut maka pada pekan pertama Bulan Suci Ramadhan atau awal Juni 2017 pihaknya akan melakukan rapat tentang mitra kerja terkait seperti Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang dan Dinas Perhubungan Jawa Barat.

Ditempat terpisah, sebelumnya Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan pemerintah provinsi melalui Dinas Bina Marga dan Tata Ruang berkomitmen menuntaskan perbaikan 23 ruas jalan penting yang akan menjadi jalur mudik Lebaran 2017.

Iwa mengatakan, secara umum kondisi infrastruktur di Jabar siap untuk digunakan untuk mudik 2017 karena selalu dilakukan pemeliharaan secara berkala setiap tahunnya oleh dinas teknis terkait dan senantiasa berkoordinasi dengan pusat," kata Iwa Karniwa.

Namun, Iwa tidak memungkiri bahwa masih terdapat beberapa titik terjadi kerusakan karena faktor teknis dan non teknis atau faktor alam dan masih ada ruas milik pemerintah pusat, dan provinsi yang kondisinya tengah dilakukan perbaikan.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik , Pemprov Jabar juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian, dan instansi terkait lainnya, termasuk dalam mengatasi pasar tumpah, yang salah satu penyebab kemacetan arus lalulintas, tandasnya (sein).
×
Berita Terbaru Update