×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mobisaria Aplikasi BMT Dilaunching Pertama Kali Di Bandung

Kamis, 25 Oktober 2018 | 06:07 WIB Last Updated 2018-10-26T07:16:19Z
FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG BARAT - Aplikasi syariah untuk Baitul Maal wat Tamwil (BMT) “Mobisaria” akhirnya untuk pertama kalinya dilaunching sebagai implementasi awal dari BMT El Dana Manfaat, Rabu (24/10/2018), di Pesantren Tahfidz Kampoeng Qur’an Cendekia Perum Lembah Hijau Cihanjuang A13 Kabupaten Bandung Barat.

Implementasi ini merupakan strategi awal dari pemilik teknologi Mobisaria “Smartag Indonesia”, untuk melakukan penetrasi di pedesaan di Indonesia.

Launching ini sekaligus menandai dimulainya implementasi dari platform Mobisaria yang merupakan platform digital bagi komunitas masyarakat pedesaan dan pelaku usaha mikro.

Seperti diketahui, sebagian besar masyarakat Indonesia hidup di pedesaan serta remote area, dan sekitar 80 persen dari mereka tidak tersentuh oleh layanan perbankan, bahkan mereka kesulitan dalam hal akses pasar dan layanan finansial modern.

Di sisi lain, pedesaan menyimpan potensi yang sangat besar, dan dengan semakin besarnya perhatian pemerintah kepada desa, kini pedesaan menjadi area pertumbuhan ekonomi baru.

Alokasi dana desa sebesar 832,3 triliun rupiah pada APBN 2019 menunjukkan pedesaan akan bergerak menjadi komunitas yang semakin menikmati modernisasi di masa mendatang.

Mobisaria merupakan platform digital berbasis mobile yang akan menghubungkan komunitas pedesaan dengan akses finansial, pasar dan lingkungan bisnis modern.

Mobisaria merupakan disrupsi dalam infrastruktur pedesaan, di mana masyarakat desa dapat melakukan transaksi dengan cara yang mudah, cepat dan nyaman.

Mobisaria berasal dari kata “Mobile” dan “Syariah”, Mobile artinya platform ini merupakan platform Mobile dan syariah yang artinya Platform ini mengikuti system syariah.

Misi dari Mobisaria adalah menciptakan ekosistem bisnis modern di pedesaan dan area sub urban, dab mendigitalisasi masyarakat desa, serta membuat masyarakat dekat dengan teknologi baru, meningkatkan  kesejahteraan masyarakat pedesaan dengan mendekatkan mereka dengan arus uang dan barang lewat teknologi informasi, serta membantu pemerintah untuk mendistribusikan dana, subsidi dan program lainnya.

Mobisaria menganut tiga prinsip, yaitu, Amanah (Trust, Integrity, Credibitlity), Ukhuwah (Togetherness,           Brotherhood), dan Maslahah (For Kindness).

Dengan tiga prinsip ini, Mobisaria berharap dapat memberikan teknologi yang berguna bagi masyarakat desa, namun dengan tetap menjaga prinsip utama dalam menjalankan agama.

Mobisaria rencananya akan menghubungkan berbagai BMT (Baitul Maal wat Tamwil) dan koperasi diberbagai lokasi di Indonesia.

Dengan integrasi di satu platform digital, akan memudahkan anggota BMT mendapat keuntungan seperti, transfer uang antar BMT, Cross Merchant dan menyatukan point Reward.

Tidak  hanya itu saja, Mobisaria dapat membantu memperluas jangkauan layanan BMT sehingga tidak terbatas kepada anggota semata.

Ke depannya akan ada beberapa Mobile Platform yang akan dikembangkan seperti dompet elektronik (e-wallet), Micro Finance, e-Commerce, hingga solusidigital untuk para petani.

Namun untuk implementasi awal ini Mobisaria akan melaunching MobisPay sebagai infrastruktur awal, MobisPay adalah layanan e-Wallet untuk anggota  BMT El Dana Manfaat.

Dengan langkah implementasi awal ini, Mobisaria akan terus bergerak dan semakin memperbesar jaringan kerjasama.

Setelah BMT El Dana Manfaat, Mobisaria akan melakukan implementasi di satu titik lagi di Jawa Barat, satu  titik di Jawa Tengah, dan satu titik di Jawa Timur.

Dengan implementasi awal di empat titik ini, Mobisaria akan bergerak terus membangun jaringan ke seluruh Indonesia, bahkan terdapat potensi 30 juta pengguna yang akan diraih Mobisaria.

Smartag Indonesia adalah perusahaan digital yang merupakan bagian dari Smartag Internasional yaitu sebuah perusahaan penyedia layanan digital di Amerika Serikat dan Malaysia.

Sedangkan BMT El Dana Manfaat merupakan badan keuangan mikro syariah yang dibentuk dan diprakarsai oleh pengurus DKM Al Muiz Taman Cihanjuang. (Rls/Brh/cuy)
×
Berita Terbaru Update