Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Netty : Bikin Miris , Pelajar Menganggap Sekolah Sebagai Siksaan

Sabtu, 21 Januari 2017 | 11:20 WIB Last Updated 2017-01-21T04:21:22Z

SUKABUMI, FAKTABANDUNGRAYA.COM - Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan sempat kaget atas hasil survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga survei swasta di Indonesia tentang hal-hal yang disukai para pelajar di sekolahnya, bagi kalangan siswa SMASMK. Hasilnya ternyata diluar dugaan dan membuat miris.

Hasil survei menyebutkan, ada tujuh hal yang menjadi favorit siswa di sekolah, yakni jam pelajaran kosong, tidak ada tugas dan pekerjaan rumah, ulangan harian yang diundur, tidur di kelas, jam pelajaran olahraga, makan di kantin, serta rapat guru.

Sebagai Bunda Literasi Jabar, Netty merasa prihatin. Dimana beberapa belakangan ini pemerintah sedang giat menggemborkan program-program pencerdasan bangsa, anak-anak kita ternyata menganggap sekolah sebagai siksaan. Terutama bagi kalangan pelajar SMA/SMK yang notabene adalah ujung tombak pendidikan, ujarnya.

"Apa yang salah dengan fenomena ini?", kata Netty saat menjadi narasumber pada Acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Pendidikan kepada Para Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas SMA/SMK/SLB se-Wilayah III di SMAN 1 Kota Sukabumi, Jl. RH. Didi Soekardi No. 124 Kota Sukabumi, Jum'at (20/01).

“Ini artinya tidak semua anak, khususnya di Jawa Barat, siap untuk sekolah," ujarnya.

Boleh jadi, ungkap Netty, fenomena tersebut terjadi karena tidak adanya rasa tenang dan nyaman bagi para siswa, sehingga banyak diantara mereka yang datang ke sekolah dengan terpaksa. Untuk itu, sesuai dengan peraturan baru yang menginstruksikan tiap sekolah untuk membentuk sekolah ramah anak, Netty mengajak seluruh stakeholder untuk turut merealisasikan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswanya, sehingga siswa tidak lagi menganggap sekolah sebagai sumber beban pikiran, melainkan justru siswa merasa berat saat meninggalkan sekolah.

"Coba kita renungkan bagaimana bila institusi pendidikan hanya menjadi pihak ketiga yang diandalkan orangtua untuk mendidik anaknya," pinta Netty. (ruch/sein)
×
Berita Terbaru Update