Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wagub Demiz Resmikan Jembatan Rawayan Penghubung Garut - Cianjur

Senin, 27 Maret 2017 | 16:07 WIB Last Updated 2017-03-28T09:07:56Z
Wagub Demiz Cobain jalan diatas Jembatan
Rawayan Penghubung Garut-Cianjur (foto:ist)
KAB. GARUT, FAKTABANDUNGRAYA.COM , - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meninjau lokasi Rawayan atau jembatan gantung penghubung Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur di atas Sungai Cilaki di Kampung Cipamalayan, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Senin (27/3/17).

Jembatan ini menghubungkan dua kampung, yaitu Kampung Cipamalayan, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut dengan Kampung Ciseureuh, Desa Cimaragang, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Jembatan ini adalah sumbangsih Vertival Rescue Indonesia untuk program 1.000 jembatan di Indonesia. Dengan panjang mencapai 100 meter, Rawayan ini adalah yang ke-19 dan akan ada lagi empat jembatan lainnya yang akan dibangun di atas Sungai Cilaki tersebut.

"Ini jembatan terpanjang, jadi istimewa jembatan ini. Biasanya di bawah 100 meter, dua tiang saja. Sekarang ini ada tiga tiang," ungkap Wagub.

Dengan adanya Jembatan Rawayan yang konstruksinya terbuat dari bambu, besi, serta kabel baja tersebut. Aktivitas masyarakat yang dipisahkan oleh Sungai Cilaki menjadi terbantu. seperti kegiatan ekonomi dan pendidikan, meskipun dalam sekali jalan hanya dibolehkan tiga orang untuk pakai jembatan tersebut.

Salah satu orang warga mengatakan, pengiriman sebagian hasil kebun dan bertani - sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat kedua kampung, distribusi pengirimannya untuk dijual di sekitar Desa Cikarang dan Desa Cimaragang sangat mengandalkan jembatan ini. Sebelumnya mereka hanya menggunakan rakit untuk melintasi Sungai Cilaki dengan tarif Rp 2.000,00 per satu kali jalan.

Selain itu, bagi anak sekolah masyarakat Desa Cimaragang jembatan ini sebagai akses mereka untuk berangkat ke sekolah. Karena akses ke sekolah di Desa Cimaragang jaraknya cukup jauh dibanding harus menyebrangi Sungai Cilaki ke Kecamatan Cisewu. Di Kecamatan Cisewu sendiri sekolah mulai dari tingkat TK hingga SMA/SMK tak jauh jaraknya bagi warga Desa Cimaragang di Kecamatan Cidaun.

Untuk itu, Demiz berharap warga kedua desa bisa memelihara dengan baik jembatan ini. Demiz menambahkan jembatan ini bisa mempermudah akses anak-anak bersekolah dan memperlancar pasokan pangan bagi warga.

Lebih lanjut Demiz mengatakan, program pembangunan 1.000 jembatan, Vertical Rescue Indonesia menargetkan bisa membangun 1.000 Rawayan di seluruh Indonesia. Rawayan ini akan bertambah karena Pemprov Jawa Barat pun tahun ini akan membangun sebanyak lebih kurang 600 Rawayan.

"Seribu jembatan dari Vertival Rescue, bisa setahun atau dua tahun. Yang penting mereka bisa membangun jembatan ini dan ini dana dari pemerintah, masyarakat, dan sebagainya. Adapun dana dari prmptov dianggarakan Rp 25 Miliar untuk lebih kurang 600 (jembatan," tutur Demiz.

Adapun terkait perbaikan jalan desa, Demiz meminta Camat untuk mengusulkan ke Kabupaten Garut. Nanti Pemkab Garut yang mengusulkan ke provinsi Jabar. Nanti, dibantu dalam bentuk bantuan keuangan. Sebab kalau provinsi langsung membuat jalan disini, bukan kewenangannya nanti ditangkap, masuk penjara. Karena menguntungkan pihak ketiga katanya, jadi harus ada prosedur yang menurut undang-undang itu harus kita lakukan, ujar Demiz didepan warga setempat.

Selain mencoba jembatan yang diberi nama Jembatan Silaturahim ini, Demiz juga berkesempatan menabur benih ikan di Sungai Cilaki. Sebanyak 8.300-an ekor ikan berbagi jenis disebar untuk melengkapi kebutuhan pangan warga di Kecamatan Cisewu dan Cidaun. (sein)

×
Berita Terbaru Update