Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gubernur Minta Dinas BMPR Segera Lakukan Kajian dan Perbaiki Jembatan Cipamingkis

Sabtu, 15 April 2017 | 18:40 WIB Last Updated 2017-04-16T11:41:17Z

Aher minta Dinas BMPR ,  penanganan Jembatan Cipamingkis   
BOGOR,FAKTABANDUNGRAYA.COM, - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta kepada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) untuk segera melakukan kajian dan memperbaiki Jembatan Cipamingkis yang mengalami penurunan sedalam 1,5 meter akibat banjir dan air deras. Penegasan ini dikatakan Gubernur Aher saat meninjau langsung kondisi Jembatan Cipamingkis yang terletak di jalan Jl. Raya Jonggol - Cariu Kp. Jagaita Rt. 03 / 02 Desa Jonggol Kec. Jonggol Kab. Bogor, Sabtu (15/4).

Jembatan Cipamingkis yang berada di jalan Provinsi tersebut, sudah berusia 32 tahun ( dibangun tahun1985) memiliki bentang jembatan seluas 30 m x 3 m = 90m dengan konstruksi girder beton. Setiap hari pilar penyangga jembatan tergerus arus sungai.

Menurut Aher kerusakan jembatan Cipamingkis akibat adanya penurun pilar, maka harus dilakukan kegiatan cepat tanggap, dengan melalukan pengecekan fisik kerusakan dan pola penganannya darurat dan perbaikan permanen.

Saat ini tim dari Dinas BMPR Jabar sudah melakukan pengecekan dilapangan, berdasarkan hasil kajian tim lapangan, telah merekomendasikan untuk segera dilakukan penanganan secepatnya baik sementara maupun permanen. Pola penanganannya hamper sama dengan penanganan dengan Jembatan Cisomang, ada tindakan untuk penguatan pilar atau membangun pilar baru, sembari mobil kecil bisa melewatinya," kata Aher.

Aher didampingi Kadis BMPR dan M Guntoro dan Kadis Perhubungan Dedi Taufiq meminta untuk segera dilakukan penanganan. Hal ini mengingat Jalan Jonggol tersebut saat ini sudah menjadi lebih dari sekadar jalur alternatif.

"Saya minta segera ditangani, perihal anggaran rasanya tidak ada masalah, saya pantau tim dari kemarin sudah intensif berada di lokasi," kata Aher dalam rilis humas yang diterima Fakta Jabar, Sabtu (15/4).

Aher juga mengatakan, berdasarkan "Tim Dinas BMPR jabar merekomendasikan bahwa penanganan jembatan Cipamingkis akan sama dengan jembatan Cisomang, yaitu penguatan pada pilar dan girder jika itu masih kuat, namun jika sudah tidak kuat maka akan kita buat baru pilar maupun girdernya," jelas Aher.

Dalam kesempatan yang sama Kadis BMTR Guntoro menambahkan, "kebetulan di anggaran murni sudah stand by dana perbaikan jembatan Cipamingkis, sekitar Rp 7 M, jadi saya pikir tidak ada masalah, akan kita perbaiki segera, mudah-mudahan dalam tempo 3 bulan sudah kelar."

"Kemarin sempat muncul gagasan bailey, namun setelah kami kaji lagi ternyata itu tidak mungkin, bentang jembatan yang mencapai 90 m tentu terlalu panjang, jadi penanganan kita akan fokus pasa pilar dan girdernya," lanjutnya.

Kadishub Jabar Dedi Taufik juga hadir di lokasi memaparkan pengalihan arus lalu lintas sementara yang sudah dilakukan, yaitu dari arah Cileungsi menuju Cariu/Cianjur melalui Cibucil-Cibarusah-Jagatamu-Cariu dan sebaliknya. Jembatan Cipamingkis saat ini dapat dilalui hanya untuk kendaraan kecil.

"Lalu lintas kendaraan besar sementara kami alihkan, memang akan berputar sedikit, rambu2 sudah kami pasang, untuk kendaraan kecil non bus bisa melewati Ciipamingkis," tandasnya. (sein/hms).


×
Berita Terbaru Update