Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bantu Kelancaran Pemudik Lebaran, BPBD Jabar Siagakan Posko Kesiapsiagaan 24 Jam

Jumat, 16 Juni 2017 | 16:02 WIB Last Updated 2017-06-28T09:05:18Z

BPBD Jabar Siagakan Posko Kesiapsiagaan 24 Jam (foto:ist)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran di daerah Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jabar membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran (1438 H) yang akan memenuhi kebutuhan warga akan informasi bencana di jalur mudik.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Prov Jabar Dicky Saromi menjelaskan Posko yang dibangun berbeda dari rest area biasa, karena pelayanan utama di sini adalah informasi akurat dan terkini mengenai bencana di Jawa Barat yang memiliki peluang mempengaruhi jalur/arus mudik.

Posko BPBD Jabar disiagakan selama 24 Jam dari H-7 sampai H+7 Idul Fitri 1438 H/ 2017 dan posko ini terbuka untuk umum,” katanya di lokasi Posko yang terletak di halaman Kantor BPBD Prov. Jabar Jl. Soekarno Hatta No. 629 Bandung.

“Petugas yang siap setiap saat berjumlah 12 orang terdiri dari PNS tujuh orang dan Pusdalop Penanggulangan Bencana (PB) lima orang,” jelas Dicky.

Dicky juga mengatakan, BPBD Jabar selain menyediakan Posko berbentuk fisik, masyarakat juga dapat mengakses Hotline di (022) 7313627 – 7315274, media sosial BPBD Jabar: facebook Bpbd Prov Jabar dan twitter @BPBDjabar. “Khusus media sosial kami hadirkan info terbaru mengenai berbagai bencana yang telah terjadi di Jabar,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, layanan informasi kesiapsiagaan bencana ini terintegrasi juga dengan BPBD kota/kab se-Jabar. Ini didukung dengan penggunaan teknologi informasi berbasis aplikasi untuk mempercepat pertukaran informasi mengenai kebencanaan di Jawa Barat bahkan dipergunakan juga secara internasional.

“BPBD kota/kab juga membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran dan terintegrasi dengan BPBD provinsi. Ditambah juga koordinasi yang intens dengan BMKG, Basarnas, TNI, Polri dan perangkat daerah Prov. Jabar,” tambahnya.

Selain itu, berdasarkan BMKG prakiraan cuaca H-7 dan H+7 Idul Fitri akan kodusif dan cerah. Akan tetapi bencana siapa yang akan menduga datangnya. “Kami ingin masyarakat Jawa Barat dapat merayakan hari raya dengan aman dan nyaman, untuk itulah Posko ini dibentuk agar kita semua selalu waspada di jalur rawan bencana, tandasnya. (hms/red).

×
Berita Terbaru Update