Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jabar – Shizuoka Tandatangani Kerjasama Strategis

Senin, 15 Januari 2018 | 15:36 WIB Last Updated 2018-01-16T09:08:51Z
Aher dan Takashi tukar cindramata, (foto: humas Jabar)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), menerima Courtesy Call, atau pertemuan diplomasi dengan Wakil Gubernur Prefektur Shizouka, Mr. Takashi Namba, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Senin (15/01/18).

Menurut Aher, kunjungan wakil Gubernur Shizuoka ke Jawa Barat merupakan kunjungan balasan dari kunjungan yang pernah dilakukan Gubernur Jabar beserta delegasi pada bulan November 2017 lalu, dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama antara Provinsi Jawa Barat dan Prefektur Shizouka di bidang Ekonomi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.

"Salah satu fokus kerja sama yang diangkat pada kunjungan kali ini adalah kerja sama antara Bandara Shizuoka Mt. Fuji dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati," kata Aher.

Kerja sama tersebut, kata Aher, antara lain terkait dengan pembukaan rute penerbangan langsung Kertajati-Shizuoka dan kerja sama pengiriman kargo. Pada kunjungan kali ini, telah diagendakan pula pertemuan dengan direksi BIJB, dan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia.

Adapun beberapa kegiatan kerja sama yang telah dilaksanakan antara lain partisipasi Pemerintah Prefektur Shizuoka pada acara West Java Eco Marathon di Pangalengan, Kabupaten Bandung Oktober 2017. Kemudian pengiriman peserta magang dari Jawa Barat ke kantor Pemerintahan Prefektur Shizuoka. Serta, kegiatan Food Expo yang diselenggarakan oleh Prefektur Shizuoka.

"Selanjutnya, akan diinisiasi kerjasama antar universitas yaitu fakultas keperawatan UNPAD dan Faculty of Nursing, University of Shizuoka," kata Aher.

Selain itu, di bidang ekonomi yang meliputi tourism, trade, and investment, merupakan potensi yang dapat dikembangkan bersama oleh kedua belah pihak.

Aher menjelaskan, bahwa dari pertemuannya bersama Wakil Gubernur Mr. Takashi Namba dijelaskan bahwa Prefektur Shizuoka memiliki karakteristik wisata alam yang menarik seperti halnya Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut, Mr. Takashi Namba menaruh perhatian yang besar terhadap Mangga Gedong Gincu. Menurutnya, Kota Shizuoka yang terletak di Samudera Pasifik yang beriklim hangat ternyata warganya sangat menggandrungi buah lokal khas Indramayu-Majalengka ini.

Sementara itu, dalam hal peningkatan kemampuan dan kapasitas SDM Jabar , Aher menginginkan dibukanya kesempatan untuk memperoleh transfer of knowledge di berbagai bidang, dan perusahaan-perusahaan Shizuoka dapat membuka peluang kerja untuk memanfaatkan potensi kualitas dan kuantitas SDM di Jabar

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Aher menyeduhkan kopi tubruk asal Gunung Waringin Pangalengan kepada Wakil Gubernur Prefektur Shizuoka, Mr. Takashi Namba. Ini adalah salah satu kopi Jawa Barat yang telah mendunia. “Kopinya sangat kaya rasa,” komentar Mr. Takashi Namba dengan kagum.

Menurut Aher, kopi yang disajikan memang specialty proses winey yang memiliki aroma cukup kuat. "Saat mendarat di lidah, akan terasa sedikit fruity dengan keasaman medium yang menyebar ke seluruh mulut, bahkan di bagian akhir ada sensasi manisnya," jelasnya.

"Saya sajikan padanya karena hari ini, kami Provinsi Jawa Barat dan Prefektur Shizuoka Jepang meneguhkan kembali komitmen untuk bekerjasama dalam berbagai bidang. Penandatanganan MoU Sister Province antara Pemprov dengan Shizuoka berhasil ditandatangani di Hamamatsu, November 2017 lalu. Jadi semua hospitality itu dalam rangka memuliakan tamu dan menghangatkan hubungan kerjasama Jabar-Shizuoka," papar Aher. (hms/red)

×
Berita Terbaru Update