Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Oded Kukuhkan 7 Siswa SLTA Jadi Duta Gerakan Kang Pisman

Senin, 29 Oktober 2018 | 14:53 WIB Last Updated 2018-11-13T07:54:18Z


BANDUNG, faktabandungraya.com,-- Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengukuhkan sebanyak Tujuh siswa dari Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA) menjadi Duta Gerakan Kumpulkan, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman). Duta ini nantinya akan mengajak teman-temannya untuk melakukan Gerakan Kang Pisman.

Pengukuhan Duta Kang Pisman bersamaan dengan Deklarasi Kesadaran Hukum Hak Asasi Manusia (HAM) dan Gerakan Kang Pisman SMA/SMK/MA se-Kota Bandung di SMKN 6 Kota Bandung, Senin (29/10/2018).

Menurut Mang Oded, nanti di setiap sekolah di Kota Bandung memiliki duta Kang Pisman. "Keberadaan duta dalam sebuah kampanye program sangatlah penting. Seorang duta memiliki tugas mengedukasi orang lain mengenai program yang dijalankan. Khususnya bagi seluruh sekolah di Kota Bandung, harus punya duta Kang Pisman," tuturnya.

Syarat menjadi seorang Duta Kang Pisman, lanjutnya, harus memiliki kepedulian terhadap program tersebut. "Dia juga harus memiliki sikap moral yang baik, jujur dan berintegritas. Terpenting seorang duta harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi," katanya.

Sebagai salah satu program 100 hari kerja pasangan Oded M. Danial dan Yana Mulyana, program Kang Pisman tidak hanya untuk kepada kalangan tertentu. Gerakan ini harus menyasar seluruh kalangan di Kota Bandung, termasuk pelajar dan anak muda.

"Penobatan duta Kang Pisman kepada pelajar merupakan kelanjutan dari Gerakan Kang Pisman yang sudah diluncurkan di Kota Bandung beberapa waktu lalu," tuturnya.

Menurut Oded, dengan adanya duta Kang Pisman di setiap sekolah, maka akan meningkatkan semangat gotong royong generasi muda menjaga lingkungan dan kebersihan di Kota Bandung.

"Dengan adanya duta tingkat pelajar ini, gaung Gerakan Kang Pisman akan lebih terdengar lagi. Lebih merasuk ke dalam sanubari siswa. Sehingga menjadi kebiasaan sehari-hari," katanya.

Mang Oded berharap, para duta dan forum pelajar yang peduli lingkungan dapat menjalankan perannya dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat menghasilkan generasi muda yang baik secara moral maupun akhlak.

"Semoga dari deklarasi hari ini akan terlahir duta-duta kebaikan yang lainnya. Sehingga semakin banyak kebaikan yang tersebar, semakin cepat pesan luhur yang tersampaikan. Ujungnya, gerakan sadar kebersihan lingkungan ini dapat berjalan sukses," tuturnya.

Seusai melaksanakan upacara, Oded M. Danial didampingi Kepala Kanwilhukam Jawa Barat, Ibnu Chuldun, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, Camat Gedebage, Bambang Sukardi dan Kepala Sekolah SMKN 6, Lukman berkesempatan untuk melihat beberapa pengelolaan sampah yang dilaksanakan di SMKN 6. Pengelolaan sampah di sana di antaranya, bank sampah, biodigester, pengelolaan sampah menjadi pupuk dan penghancur sampah kering. (hms/sein).
×
Berita Terbaru Update