Ajang “Een Sukaesih Award”, Memotivasi Guru Inspiratif

Jabar, faktabdnungraya.com,-- Wagub H. Uu Ruzhanul Ulum berharap ajang Een Sukaesih Award hendaknya dapat memotivasi para guru inspiratif. Sehingga kedepan, seorang guru bukan hanya memberikan materi pelajaran saja kepaa peserta didik. Namun, rasa kasih sayang antara guru dan murid juga perlu diberikan untuk kesuksesan generasi yang akan datang.

Hal ini dikatakan Wagub Uu saat membuka acara ESA 2018 yang digelar di Aula Timur Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Kamis malam (22/11/18).

Ajang Anugerah Guru Inspiratif Jawa Barat "Een Sukaesih Award (ESA) 2018" merupakan kali kitiga digelar oleh Pemprov Jabar melelui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Inilah Koran didukung Bank BJB memberikan

Wagub Uu juga mengatakan, sosok guru Een Sukaesih adalah seorang yang memiliki idealisme dalam kehidupan dan idealismenya tersebut digunakan untuk kemaslahatan orang banyak.

"Saya berharap kepada para pendidik, bukan hanya materi pelajaran yang diberikan, bukan sertifikasi, bukan jam pelajaran saja yang diberikan, tapi rasa kasih sayang antara guru dan murid untuk suksesnya generasi yang akan datang," ujar Uu dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Jabar Asep Suhanggang menuturkan, penghargaan Guru Inspiratif Jawa Barat ini dimulai sejak 2016 lalu. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui apresiasi yang diberikan kepada para guru yang ada di Jawa Barat.

Een yang juga dijuluki Sang Guru Qalbu telah mengabdikan hidupnya untuk mendidik anak-anak di kampungnya di Sumedang meski dirinya mengalami kelumpuhan selama 27 tahun hingga akhir hayatnya.

Untuk itu, tujuan penghargaan ESA 2018 ini, untuk mendorong, memotivasi, dan menginspirasi para pendidik untuk terus mengembangkan pendidikan melalui pendidikan kasih sayang dan keikhlasan,” tutur Asep dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Ada lima kategori yang diberikan, yaitu:

1. Guru Inspiratif TK/RA/TKLB dimenangkan oleh Neni Utami Adiningsih dari RA Alif, Cileunyi, Kabupaten Bandung;
2. Guru Inspiratif SD/MI/SDLB (Nono Daryono dari SDT Krida Nusantara, Kota Bandung);
3. Guru Inspiratif SMP/MTs/SMPLB (Endang Wahyu Widisari dari SMPN 4, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat);
4. Guru Inspiratif SMA/SMK/MA/SMALB (Yamin Kamaludin dari SMAT Baiturrahman, Ciparay, Kabupaten Bandung); dan
5. Guru Inspiratif Pendidikan Nonformal/Informal (Rohman Gumilar dari TBM Bina Kreasi Muda, Kabupaten Sumedang).

Hadiah yang diberikan kepada para pemenang yaitu trofi dan uang tunai sebesar Rp 20 juta untuk pemenang pertama dari setiap kategori dan bagi para nominasi hadiah uang tunai besar Rp 2 juta. (hms/sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.