Mulai Dari Pembuatan Bak Sampah Hingga Persiapan Penghijauan Terus Digenjot Satgas Sektor 21

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Jangankan berpikir untuk berhenti, satu hari pun kegiatan upaya mengembalikan kelestarian daerah aliran sungai seperti tak berjeda, Satgas Sektor 21 melalui 17 Subsektor di wilayah tugasnya terus memperlihatkan perkembangan dan perbaikan baik aliran sungai maupun bantaran sungai.

Hari ini, Kamis 22 November 2018, masing-masing Subsektor yang ada di wilayah Sektor 21 melanjutkan kegiatan sesuai tugas dan program yang direncanakan. Mulai dari pembuatan bak sampah komunal yang dilakukan Subsektor 01/ Rancaekek, Subsektor 4/ sungai Cidurian, Subsektor 9/ Ciparay, Subsektor 10/ Nanjung.

"Pembuatan bak sampah di sektor 21 targetnya mencapai 40 sampai 50 unit, akan dibagi di 17 subsektor," kata Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat.

"Pembuatan bak sampah ini untuk menanggulangi penumpukan sampah warga, karena setelah warga mulai enggan membuang sampah ke sungai, tapi tidak tempat pembuangan, otomatis mereka buang di pinggir-pinggir sungai, jadi kami inisiatif buat bak sampah," jelasnya.

Sementara, untuk memelihara aliran sungai dari potensi erosi dan pendangkalan sungai. Satgas sektor 21 melakukan perbaikan di beberapa anak sungai Citarum, seperti yang dilakukan di Subsektor 16/ Cicalengka, anggota Satgas bersama warga bersama warga desa Tenjolaya, Cicalengka, melaksanakan pengerukan dan pemasangan bronjong di pingiran sungai cibodas.

Selain itu, guna merawat bantaran sungai dan penghijauan, di Subsektor 3/ sungai Cipamokolan melaksanakan penggalian lubang untuk persiapan penanaman seribu pohon di bantaran sungai Cipamokolan wilayah Subsektor 21-3 dengan panjang wilayah 4 Km, perbatasan wilayah hulu di Sektor 22 Kota Bandung, dan hilir bermuara di Citarum wilayah Sektor 6.

Penanaman pohon yang berguna untuk penghijauan di bantaran sungai, juga menjadi salah satu impian yang diinginkan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Harto Besar Karyawan yang mengungkapkan dengan balutan narasi yang puitis, bahwa, "Impian saya, dalam arti kau kutunggu di pertigaan sungai Citarum pada tujuh tahun kedepan di bulan desember, dikala di sepanjang sungai Citarum bermekaran bunga flamboyan indah berseri," ungkapnya pada saat diwawancarai media di kegiatan Mancing Mania di sungai Citarum beberapa bulan lalu. (Cuy/rls)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.