Sektor 21 Gelar Karya Bhakti Gabungan 5 Subsektor Bersama Warga Dan Pelaku Industri

Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat didampingi 5 Dansubsektor wilayah Sektor 21 dan perwakilan perusahaan PT Nisshinbo, usai melaksanakan Karya Bhakti gabungan di Sungai Cisangkan Cimahi, Jumat (16/11).
FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIMAHI - Satgas Citarum Sektor 21 gelar karya bhakti gabungan 5 Subsektor bersihkan aliran sungai Cisangkan, Kota Cimahi. Kegiatan ini juga melibatkan warga sekitar sungai dan karyawan PT Nisshinbo Indonesia.

"Hari ini, Satgas Sektor 21 terjunkan personil dari 5 Subsektor untuk melakukan karya bhakti membersihkan sungai Cisangkan bersama warga dan karyawan pabrik (PT) Nisshinbo," ujar Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat ditengah kegiatan Karya Bhakti di sungai, Jumat (16/11).

Adapun 5 Subsektor yang tergabung dalam kegiatan karya bakti ini diantaranya, Subsektor 21-13Cimahi Selatan, Subsektor 21-14 Cimahi Utara, Subsektor 21-12 Soreang-Kutawaringin, Subsektor 21-11 Desa Lagadar, dan Subsektor 21-10 Desa Nanjung. Dengan jumlah personil 98 anggota Satgas, sementara pabrik Nisshinbo berjumlah 25 karyawan, warga dengan jumlah sekitar 50 orang.

Menurut Kol Inf Yusep Sudrajat, kegiatan karya bhakti yang dilakukan bersama warga dan pihak industri sangat efektif, karena dalam waktu satu hingga dua jam sudah mampu menyelesaikan pembersihan dan pengangkutan sampah dari aliran sungai. Kegiatan ini, lanjut Yusep, akan dan telah rutin dilakukan oleh Satgas Sektor 21 bersama pihak perusahaan dan warga.



"Kemarin (saat pertama kali melakukan korve bersama warga dan pekerja pabrik) sungai ini kita lihat warnanya hitam pekat sekali, sekarang sudah terlihat normal," kenangnya.

"Cuma kita sekarang tinggal mengetuk kesadaran masyarakat, jangan ada lagi membuang sampah ke aliran sungai atau menimbun sampah-sampah di pinggir sungai, karena begitu sampah disimpan dipinggir sungai ketika hujan, akhirnya akan lari lagi ke sungai" harap Kolonel Yusep.

Satgas Sektor 21 memiliki 17 Subsektor yang tersebar mulai dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Sumedang hingga Cicalengka terus melakukan kegiatan pembersihan sungai bersama warga. Hanya saja, kata Dansektor 21, kendala yang ada di lapangan, terutama menangani sampah rumah tangga (domestik), tidak adanya bak-bak sampah di tiap RW (Rukun Warga), apalagi TPS (Tempat Penampungan Sementara) sampah.

"Sehingga kami berinisiatif, kebetulan ada yang mau membantu menyediakan material untuk pembangunan tersebut, berupa batako, besi dan lain sebagainya. Mulai hari senin kemarin kita sudah menyiapkan kurang lebih 30 bak sampah," pungkas Dansektor 21. (Cuy)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.